Tiga Manfaat Pasang Peredam Yang Belum Banyak Disadari, Bikin Kabin Mobil Naik kelas

  • Oleh : redaksi

Sabtu, 09/Jul/2022 11:35 WIB


 
Soundandmachine.com (Jakarta) - Sudah banyak pembahasan tentang peredam kabin mobil dan banyak juga produsen peredam yang menawarkan berbagai tipe produknya.  
 
Peredam mobil yang tersedia di pasaran tentu memiliki manfaat pada pengaplikasiannya. Setidaknya ada tiga manfaat pasang peredam yang belum banyak disadari, dimana benefit dari instalasinya bikin mobil naik kelas.
 
“Kelebihan pertama dari pasang peredam tentunya mengurangi road noice,” jelas Maikel Imanuel punggawa gerai otopart.id.  
 
Hal ini disampaikannya kepada Tim Soundandmachine.com ketika ditemui di gerainya yang berlokasi di kawasan Jakarta Barat (5/7/2022).
 
Menurutnya, road noice menyumbang suara ke dalam kabin mobil dengan presentase yang cukup besar.
 
Dengan penggunaan peredam di kabin mobil, maka road noice dari luar kabin akan berkurang secara signifikan.  
 
Beberapa tipe mobil memang tidak memasukan peranti peredaman yang cukup ke dalam spesifikasi standar mereka.
 
Kelebihan kedua adalah mengurangi getaran. Dengan pengaplikasian peredam, perangkat audio standar bawaan pabrikan akan menghasilkan suara yang lebih optimal.  
 
“Karena door trim pintu adalah rumah dari speaker midbass jadi bisa kurangi distorsi,” jelas pria yang juga instalatur audio ini.
 
Kelebihan berikutnya adalah mengurangi panas. Ambil contoh pengaplikasian peredam pada bagian plafon.  
 
Sehingga meringankan kinerja AC dan berpengaruh pada efisiensi bahan bakar. Belum lagi mengurangi suara yang cukup signifikan ketika hujan.

 
Seperti yang diaplikasikan Maikel pada salah satu mobil konsumennya, yakni Mitsubishi Xpander varian Sport yang dipasang peredam Smartplast full kabin.
 
Produk peredam Smartplast buatan Rusia ini terbuat dari material aluminium butylrubber. Berita baiknya adalah Smartplast merupakan produk entry level dari Vibrofiltr.  
 
“Smartplast memiliki keunggulan dalam hal kualitas dan harga yang lebih hemat,” jelasnya menyebut pada mobil Mitsubishi Xpander ini total peredam yang digunakan adalah sebanyak 37 lembar.
 
Seluruh bagian interior kabin tidak luput, mulai dari dek depan di balik dashboard, lantai, plafon bahkan sampai di pilar C mobil. Dengan pengerjaan total memakan waktu 2 hari.  
 
Jika dipahami sebenarnya pemakaian peredam bisa membuat mobil lebih nyaman. Secara tidak langsung impresi di kabin mobil bisa jadi ‘next level’ layaknya mobil mewah.
 
Bagi kawan Sound and Machine yang berminat mengaplikasikan produk serupa, bisa datang langsung ke Otopart.id yang alamatnya di Ruko Duta Garden D1 No.16, Jurumudi Baru, Jakarta Barat 15124.  
 
Sebelum datang, juga bisa berkonsultasi dulu di nomor WhatsApp 0858-9000-8522. (*)

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya