Pasca Pandemi, Ekosistem Industri Car Audio di Indonesia Berkembang Paling Cepat di Asia

  • Oleh : anto

Selasa, 12/Jul/2022 08:30 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Era pandemi ini cukup banyak menyita beberapa waktu dan kesempatan di dalam industri car audio. Belum lagi berbagai kehilangan yang mungkin kita alami.
 
Pada tahun 2022 ini mulai bergulir sederet angin segar di dunia car audio. Contohnya event judge training beberapa waktu yang lalu (13-14 Juni) dimana Car Audio Network (CAN) berlaku sebagai penyelenggara.
 
Besar harapan dan optimisme datang dari banyak kalangan di industri car audio, termasuk di dalamnya produsen atau pemegang merek.  
 
Salah satu merek produk audio mobil kenamaan, Venture Car Audio Indonesia juga punya optimisme yang sama besar.  
 
“Secara market global Indonesia saya berharap dunia car audio berkembang terus menerus dan sangat pesat,” jelas Erick Kurniadi dari Venture Car Audio Indonesia.
 
Hal ini disampaikannya kepada Tim Sound and Machine di sela penyelenggaraan CAN International Judge Training 2022 di Jakarta.  
 
“Dan memang sudah terbukti perkembangan car audio di Indonesia luar biasa dibanding negara lain, bahkan di negara Asia, kita termasuk paling cepat,” tambah pria berkacamata ini.
 
Menurut Erick, jika CAN jadi besar maka begitu juga event-event lain jadi besar. Lanjutnya, dari event seperti ini, market Indonesia juga industrinya akan bergerak.  
 
Kemudian industri bergerak semua saling menikmati, semua saling sambung dan membuat industri saling hidup.
 
“Indonesia saat ini jadi barometer car audio internasional. Bahkan banyak instalatur atau distributor luar negeri bertanya ke kita bagaimana cara pasang, bagaimana cara setting, karena sering pasang karena sering kompetisi,” ungkap Erick.
 
Hal ini bukan hal yang sepele, memang faktanya kompetisi car audio saat ini di Indonesia perkembangannya luar biasa.
 
“Jika kita lihat data, Indonesia adalah satu negara yang sangat amat produktif yang mengadakan kompetisi car audio,” tambahnya.
 
Erick mengilustrasikan, berbanding Amerika atau Eropa dan negara lain, Indonesia memiliki kalender kompetisi car audio yang padat sekali.  
 
Bukan hanya dari satu EO (Event Organizer), tapi dari banyak EO dan hal ini yang membuat industri bergerak.  
 
“Dari segi kemampuan installer bisa dikatakan naik dan makin terasah, makin teruji. Produk juga sudah pasti bergerak naik,” tutupnya.  
 
Fakta berbicara, iklim industri car audio Indonesia memang luar biasa dan optimisme makin bulat dari segenap ekosistemnya dan diyakini akan terus berkembang kedepannya.
 
Industri car audio di Indonesia memang hebat! (Febri, anto)

Baca Juga:
Berukuran Mungil, Dominations BangBass 68 Punya Kesamaan Spek Subwoofer Aktif Lebih Besar