Eksis Hingga 20 Tahun, Begini Kiprah Sukses Merek Venom Audio di Indonesia

  • Oleh : anto

Rabu, 20/Jul/2022 09:10 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Sudah 20 tahun merek Venom Audio eksis di industri aftermarket otomotif Indonesia, Selama itu pula peran aktif sang founder, Irwan Kusuma sukses membangun merek Venom.
 
Apa sebenarnya kunci sukses Venom Audio sehingga bisa eksis terus sampai sekarang dan banyak digemari penggemar audio mobil?  
 
Positioning produk Venom audio untuk segmen beginner atau pemula, diyakini jadi kunci sukses mendapatkan pasar.  
 
Hal ini disampaikan Koh Abay, sapaan Irwan kepada Tim Soundandmachine.com ketika ditemui di gerai Venom Auto Gallery Pluit, Jakarta Utara pada 13 Juli 2022.  
 
“Kami mulai dari new market, kalau mengharapkan dari car audio enthusiast segmen tidak sebesar pengguna baru,” ungkapnya.
 
Menurut penggemar olahraga golf ini, akan lebih baik untuk Venom Audio secara bisnis untuk menyasar segmen pengguna baru.  
 
Dirinya mengilustrasikan anak muda yang baru mendapat fasilitas mobil dari orang tuanya, dalam fase bangga dan senang yang sangat tinggi.  
 
Jika diperkenalkan dengan dunia car audio, diyakini akan ada ketertarikan untuk meningkatkan kualitas audio di mobilnya.
 
Venom audio terus fokus di market baru ini, dengan Koh Abay sebagai penggerak bisnis yang sudah punya pengalaman puluhan tahun di bisnis car audio.  
 
Dirinya bercerita pada masa awal Venom di tahun 2000-an yang belum punya produk subwoofer kolong dan sebagainya.  
 
“Sekarang Venom punya beragam pilihan produk yang plug and play. Venom bisa dibilang cocok untuk beginner dan sebagai entry level,” jelas Ko Abay.
 
Soal kualitas, menurutnya tetap dijaga. Namun, tidak bisa dibandingkan ‘apple to apple’ dengan speaker 3 way secara keluaran suara.  
 
“Tapi ketika dibandingkan dengan produk dengan harga yang setara, bisa dibilang Venom sangat ‘worthed’ value-nya, di positioning ‘plug and play’ inilah yang menjadi kunci kesuksesan Venom,” ungkapnya.
 
Kini untuk lini produk ‘plug and play’, Venom memiliki produk speaker Exodus yang sudah tersedia untuk mobil-mobil keluaran Toyota, Suzuki, Nissan, Daihatsu dan Honda.  
 
Sedangkan speaker Exodus sendiri ada segmen yang lebih berkelas, yaitu Exodus Toyota Premier, untuk mobil-mobil seperti Alphard, Camry, Lexus, dan Harrier.  
 
Exodus Premier lainnya ada pada line up mobil-mobil dari pabrikan Mercedes, BMW dan MINI. Inspiratif. Happy 20th Anniversary Venom Audio! (anto, Febri)

Baca Juga:
Siap-siap, Audioworkshop Akan Tebar Promo Hujan Emas Selama Pameran di GIIAS 2022