Pertama di Indonesia, Cartens Garap Upgrade Audio System 3-Way di Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 29/Jul/2022 08:30 WIB
Hyundai Ioniq 5 garapan Cartens Audio menunjukkan bahwa mobil listrik baterai aman untuk upgrade audio 3-way. Hyundai Ioniq 5 garapan Cartens Audio menunjukkan bahwa mobil listrik baterai aman untuk upgrade audio 3-way.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Mobil listrik baterai yang benar-benar dirancang dari platform-nya bisa dibilang hal baru, baik dalam industri otomotif maupun car audio. Mungkin akan timbul pertanyaan, apakah aman upgrade audio di mobil listrik baterai? 

Jawabannya adalah aman, selama ditangani oleh instalatur yang profesional, dan itu sudah dibuktikan oleh gerai Cartens yang sudah bergelut dengan car audio selama 20 tahun.

Baca Juga:
Siap-siap, Audioworkshop Akan Tebar Promo Hujan Emas Selama Pameran di GIIAS 2022

Menjadi yang pertama di Indonesia, karena gerai audio yang berlokasi di Dutamas Fatmawati, Jakarta Selatan ini baru saja meluncurkan portfolionya, yaitu upgrade audio system 3-way pada mobil listrik Hyundai Ioniq 5. 

Baca Juga:
Eksis Hingga 20 Tahun, Begini Kiprah Sukses Merek Venom Audio di Indonesia

“Klien kita (dari) luar kota, mungkin karena sudah melihat portfolio kita yang sudah pernah mengerjakan Hyundai Kona dan Ioniq yang basic-nya mobil electric. Kebetulan dia bisa dapat duluan, karena customer kami ngomong bahwa ini mobilnya susah banget unitnya.” buka Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Audio kepada SoundandMachine.com di gerainya (28/7/2022). 

Sistem audio bawaan Ioniq 5 hanya head unit saja, selebihnya sudah di-upgrade dengan produk aftermarket dan bersistem 3-way, yaitu speaker, subwoofer, digital signal processor (DSP), amplifier, capacitor, kabel, digital audio player (DAP), dan peredam tambahan. 

Baca Juga:
Rayakan 20 Tahun Eksistensi di Indonesia, Venom Audio Siapkan Kejutan di GIIAS 2022

“Sebelum kita assessment untuk mengerjakan sistem audionya, kita pelajari dulu karena basicnya adalah full elektrik dan kita harus memperhatikan juga keamanan instalasinya.” tambah Eddie. 

Menjawab tantangan tersebut, Cartens Audio mempelajari sistem kelistrikan Ioniq 5, yang bisa disimpulkan tidak memanfaatkan kabel bawaan untuk komponen upgrade audionya, melainkan buat baru. 

Adapun brand yang dipilih untuk upgrade audio antara lain peredam Vibrofiltr dan Silent Coat, speaker Focal, subwoofer JBL, DSP Audison, amplifier Ground Zero, DAP FIIO, kapasitor NRG, dan perkabelan Harmonic Harmony. 

“Untuk perangkat komponen biasanya kita bareng-bareng sama customer, kira-kira speaker cocoknya apa, terus kita pilih biasanya. Kita bisa pilih apa yang terbaik dari brand A, brand B, nanti kita kombinasikan, jadi keseluruhan sistem.”  jelas Eddie.

Setelah upgrade dan tuning untuk mendapat kualitas suara yang tepat, Ioniq 5 tersebut juga dites jalan. Terlepas dari soal sebelum dan sesudah upgrade, konsumsi baterainya tergolong normal dan terbukti aman ketika dipakai jalan serta diisi dayanya di stasun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). 

Upgrade audio 3-way untuk Ioniq 5 seperti ini membutuhkan waktu hampir 2 bulan, yang tergolong lama namun wajar untuk ukuran mobil dengan sistem serba baru. Tertarik upgrade audio mobil listrik? (Joule)