Setelah Sempat Menghilang, Varian RS di Honda Fit Versi Facelift Segera Hadir di Jepang

  • Oleh : Julfikri

Senin, 08/Agu/2022 14:20 WIB
Honda Fit RS yang akan kembali dirilis di Jepang setelah sempat menghilang ketika pergantian generasi. (sumber: Honda) Honda Fit RS yang akan kembali dirilis di Jepang setelah sempat menghilang ketika pergantian generasi. (sumber: Honda)

SoundandMachine.com (Jepang) - Honda melakukan pergantian generasi lini mobil kompak Honda Fit pada tahun 2020. Fit, yang lebih dikenal sebagai Jazz untuk pasar ekspor, varian sporti Road Sailing (RS) sempat ditiadakan untuk pasar Jepang ketika pergantian generasi.

Namun pada akhirnya Honda memutuskan untuk kembali menghadirkan varian RS di Fit yang sekarang berada di generasi keempat, bertepatan dengan facelift-nya pada musim semi mendatang.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

(sumber: Honda)

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Fit RS lebih berfokus pada rasa sporti dari segi tampilan dan juga berkendara. Eksterior yang dilengkapi bumper depan-belakang, gril, serta spoiler berdesain sporti, seketika membuat tampilan Fit dari kalem menjadi sangar.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

(sumber: Honda)

Untuk interior memang tidak sesporti eksteriornya, namun setidaknya ada detail yang cukup mencolok, yaitu jahitan berwarna kuning di atas material kulit pada setir dan armrest.

Semua varian Fit facelift akan dilengkapi sistem 2-motor listrik e:HEV yang memiliki tarikan lebih responsif, namun belum diketahui detailnya.

(sumber: Honda)

Akan tetapi khusus tipe RS, dilengkapi drive-mode switch, yang terdiri dari mode ECON untuk berkendara lebih efisien bahan bakar, Sport untuk berkendara agresif, dan normal untuk berkendara diantara keduanya. 

(sumber: Honda)

Selain itu khusus varian RS juga dilengkapi deceleration selector dengan bentuk seperti paddleshift, untuk mengatur putaran mesin ketika melakukan deselerasi seperti memasuki tikungan.

Belum diketahui apakah Honda akan merilis varian transmisi manual untuk Fit RS, yang menjadi salah satu DNA sporti seperti di generasi pendahulunya.

Dengan demikian, kehadiran varian RS akan membuat Fit kembali memiliki aura agresif seperti generasi pendahulunya. Kira-kira bakal hadir xdi Indonesia gak ya? (Joule)