Pilihan Simpel Tapi Nendang, Hertz Luncurkan Speaker dan Subwoofer Baru di GIIAS 2022

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 18/Agu/2022 11:00 WIB
Speaker Hertz CK 165 L dari seri Cento yang diluncurkan di GIIAS 2022 untuk upgrade audio namun tetap menjaga OEM-nya. Speaker Hertz CK 165 L dari seri Cento yang diluncurkan di GIIAS 2022 untuk upgrade audio namun tetap menjaga OEM-nya.

SoundandMachine.com (Tangerang) - PT. Audioworkshop selaku distributor Hertz meluncurkan tiga produk car audio di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 pada tanggal 15 Agustus 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

Produk car audio yang diluncurkan tersebut antara lain dua speaker seri Cento CK 165 F serta CK 165 L dan subwoofer MPS 250 S4.

Baca Juga:
Punya Daya Tahan Lebih, Power Amplifier Hertz HMP 4D Jadi Andalan Upgrade Audio High End

Poin utama dalam speaker Hertz seri Cento adalah bentuk speaker-nya yang OEM friendly, akan tetapi tetap menghasilkan suara car audio lebih berkualitas dari standarnya.

“Kenapa saya bawa Cento, karena mau mobilnya apa saja bisa dipasang, tinggal sesuaikan.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop kepada SoundandMachine.com di lokasi pameran (15/8/2022).

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

Speaker CK 165 L dan CK 165 F hadir dengan non-Pressed paper pada bagian konus untuk menghasilkan suara alami, dengan frekuensi yang solid dan terkontrol.

Kemudian dimensi ultra-kompak dari crossover dan sambungan kabel pada speaker CK 165 L memberikan kebebasan yang lebih luas bagi installer selama pemasangan. 

Baca Juga:
Collector Item, Nissan Skyline GT-R R32 ini Upgrade Sistem Audio Dengan Produk Audison

Hanya saja yang harus diperhatikan adalah, “Kalau dilihat dari samping mangkuknya besar tentunya ini hanya cocok kalau dipasang di mobil Toyota itu di Innova, Fortuner, tapi tidak bisa dipasang di DNGA. Kalau Raize pasang ini mesti bobok pintu.” jelas Wahyu,

Sementara untuk CK 165 F, berbentuk shallow dan penggunaan SPP-M (Semi-Pressed Paper-Mica) membuat konus menjadi ringan dan kaku, untuk efisiensi tinggi dan respons frekuensi yang diperpanjang.

Meski kualitas suaranya tidak sebaik CK 165 L karena lebih tebal, CK 165 F, dari segi bentuk lebih OEM friendly, terutama untuk kendaraan berukuran kompak atau memiliki pintu yang tidak begitu tebal.

“Daihatsu punya standar, harus pake Cento yang ini (CK 165 F), kecil. Konusnya enteng.” tambah Wahyu.

Kedua speaker tersebut dihubungkan pasif tweeter 12 dB/okt. dengan dua tingkat redaman sedangkan untuk woofer, berkat roll-off frekuensi regulernya, 6 dB/okt dibuat dengan kumparan diameter tinggi tembaga murni digunakan untuk menghasilkan efisiensi frekuensi rendah.

Terakhir untuk MPS 250 S4, Desain MPS (Mille PRO Shallow) memiliki rasio kedalaman/kinerja yang belum pernah dicapai sebelumnya berkat kapasitas ekskursi kerucut yang mengesankan yang 20% lebih tinggi dibanding subwoofer 10 inci pada umumnya.

“Tebalnya hanya 5 jari saya untuk sebuah subwoofer 10 inci. Sekarang banyak tapi tidak ada yang double magnet. Ini magnet keliatannya single tapi double, yang artinya tenaga bisa besar.”

Selain itu, MPS 250 S4 juga dilengkapi koil suara 6 lapis, 1,5 in. (38 mm) dengan bukaan pendingin di bagian sebelumnya berkontribusi pada stabilitas termal subwoofer, sehingga siap menghadapi kekuatan power pada SPL.

Dengan demikian, 3 produk Hertz tersebut akan menjawab kebutuhan para pelanggan untuk upgrade car audio, namun fungsionalitas OEM kendaraannya juga relatif terjaga. (Joule)