Lebih Memanjakan Pengemudi dan Penumpang, Generasi Baru Toyota Sienta Tampil Memikat

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 25/Agu/2022 18:00 WIB
Major change compact MPV Toyota Sienta yang memasuki generasi ketiga. (sumber: Toyota) Major change compact MPV Toyota Sienta yang memasuki generasi ketiga. (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jepang) - Toyota Motor Corporation telah resmi melakukan pergantian generasi untuk lini MPV kompaknya, yaitu Toyota Sienta. Untuk generasi ketiga ini, Sienta semakin memanjakan pengemudi dan penumpang melalui deretan improvisasinya.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

(sumber: Toyota)

Pertama, Sienta sudah dibuat dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) B yang ringan namun tetap kaku untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan selama dikendarai.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

(sumber: Toyota)

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Kemudian untuk eksterior, dibuat seimbang antara fungsi dan estetika sebagai MPV kompak masa kini. Garis bodi membulat menciptakan kesan kompak, permainan bentuk antara persegi dan lingkaran untuk manuver lebih baik, serta kaca membesar agar visibilitas lebih baik.

(sumber: Toyota)

Desain eksterior tersebut juga berdampak pada kelegaan interior, dimana tinggi kabin bertambah 20 mm, dan jarak antara jok baris depan dan belakang bisa bertambah 80 mm, sehingga memungkinkan pemilik mobil untuk meletakkan barang belanjaan di bawah jok.

(sumber: Toyota)

Berikutnya untuk bentuk dasbor, dibuat seimbang antara fungsi dan estetika melalui permainan bentuk antara lingkaran dan persegi yang sampai membentuk cup holder dan tempat penyimpanan.

Interior Sienta juga terkesan nyaman dengan belt line antara ujung atas pintu yang dibuat seamless, serta lebih nyaman karena memiliki paduan warna terang untuk kesan lapang dan gelap untuk kesan rileks.

Material interior Sienta generasi baru tidak menembus air ataupun minyak, sehingga mudah dibersihkan apabila terkena tumpahan makanan atau minuman.

Sienta generasi baru juga sudah dilengkapi ceiling air circulator dimana penumpang baris kedua dan ketiga bisa menikmati hembusan AC seperti di penumpang baris pertama.

Tentunya akses masuk ke kabin juga dibuat lebih praktis serta lebih ramah untuk penumpang di segala usia, dengan bukaan pada power sliding door bertambah 60 mm.

Sienta generasi baru lebih praktis dengan bukaan pintu bagasi yang bertambah 15 mm dan kapasitas bagasi bertambah 20 mm yang membuat sepeda berukuran 27 inci bisa masuk tanpa terkena bagian atasnya.

(sumber: Toyota)

Toyota menyediakan 2 pilihan dapur pacu untuk Sienta generasi baru, yaitu M20A-FKS untuk varian hybrid dan M15A-FKS untuk varian mesin konvensional yang keduanya berkapasitas 1.500 cc.

Untuk mesin konvensional, transmisinya menggunakan Direct Shift CVT 10-percepatan dengan mode manual untuk rasa berkendara lebih menyenangkan, namun tetap efisien bahan bakar.

Sementara untuk mesin hybrid, tersedia penggerak all-wheel drive elektronik e-Four untuk traksi di kondisi seperti hujan, dan opsi power outlet AC/100V/1.500 W yang bisa menyalurkan listrik rumah di saat darurat seperti mati lampu dari sistem motor listrik kendaraan.

Sienta generasi baru dilengkapi suspensi MacPherson Strut untuk bagian depan dan torsion beam untuk bagian belakang, serta radius putar 5 m yang memudahkan bermanuver di jalan sempit atau ketika parkir.

Fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense Sienta generasi baru dilengkapi fitur pre-collision safety system dan proactive driving assist yang lebih membantu pengemudi menghindari dari benturan, karena kemampuan mendeteksinya sudah lebih ditingkatkan.

Tak ketinggalan, Sienta generasi baru sudah dilengkapi fitur advanced park, yang membantu pengemudi memarkirkan kendaraan karena akan bekerja secara otomatis, terutama ketika parkir paralel.

Dilihat dari eksterior, interior, serta sederet fitur yang ada, Sienta generasi baru jelas lebih memanjakan pengemudi dan penumpang. Masuk Indonesia gak ya? (Joule)