Test Drive Mitsubishi New Xpander Cross 2022: Semakin Stabil Berkat Fitur AYC

  • Oleh : anto

Selasa, 23/Agu/2022 15:30 WIB


Soundandmachine.com (Tangerang) – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum lama ini memperkenalkan penyegaran dari Xpander Cross di ajang pameran GIIAS 2022 (11-21/8).
 
Namun ternyata, bukan sekedar ganti kulit atau kosmetik biasa, tetapi ada penambahan dan penyempurnaan beragam fitur aktif yang cukup signifikan.
 
Dimulai dari penyematan fitur yang dinamakan Active Yaw Control (AYC) yang membantu mengoptimalkan kestabilan kendaraan, khususnya ketika bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin.  
 
Kami buktikan kehandalan New Xpander Cross ini di trek khusus yang berlokasi di Indonesia Safety Driving Center (ISDC) di Tangerang, Banten (23/8/2022).
 
Trek yang disediakan cukup komplit untuk menguji kinerja dari Low SUV ini. Meliputi pengujian akselerasi, jalan berkontur, handling, suspensi, tanjakan dan turunan, serta manuver menikung ekstrem di genangan air.
 
Fitur AYC mampu meningkatkan rasa aman dan percaya diri dalam berkendara. Kami buktikan ketika bermanuver ekstrem saat menikung di jalan yang tergenang air dan cenderung licin.  
 
Umumnya jika mobil tanpa dilengkapi fitur AYC, ketika menikung dalam kecepatan tinggi akan melebar jalurnya. Dengan adanya Fitur AYC, posisi mobil akan dikembalikan pada jalur yang aman.
 
Pada pengetesan kali ini, sangat terasa ketika posisi mobil akan melebar ketika masuk tikungan. Lalu secara otomatis posisi mobil ‘membenarkan’ sendiri jalurnya. Ini menandakan fitur AYC sedang aktif.
 
Selain itu, peningkatan performa pada suspensi juga dilakukan pada New Xpander Cross ini. Pada peranti peredam kejut atau sokbreker, dilakukan ekspansi ukuran silinder katup kinerja tinggi.
 
Kemudian ada penyempurnaan pada dudukan atau bracket pada suspensi depan, berfungsi layaknya strut-bar dengan penampang yang lebih tebal dari sebelumnya.
 
“Dudukan suspensi diperkuat, supaya lebih kokoh dan kinerja suspensi engga terganggu,” jelas Muhammad Arif Dwianto, Head of Training Section PT MMKSI di sela sesi test drive.
 
Dengan ground clearence setinggi 220 mm (transmisi CVT) dan 225 (tranmisi manual), Mitsubishi mengklaim fitur-fitur aktif yang disematkan pada New Xpander Cross ini belum ditemui pada kompetitor di kelasnya.
 
“Steering wheel return ability juga lebih bagus, karena setelah belok setir akan cepat kembali ke posisi lurus lagi, di Xpander lama juga sudah ada, tapi pada New Xpander Cross lebih baik lagi,” tambah Arif.
 
Sebagai informasi, fitur AYC ini sudah lama diterapkan pada lini produk high-end produksi Mitsubishi. Diantaranya Lancer Evolution X, Outlander PHEV, Pajero dan Eclipse Cross.
 
Dengan segenap imbuhan beragam fitur ini, performa New Xpander Cross jadi semakin meyakinkan dan patut diperhitungkan oleh kompetitornya. (anto)

Baca Juga:
Hyundai Kerahkan Puluhan Unit Ioniq 5 dan Ioniq 6 Sukseskan World Water Forum 2024