Konsistensi Digitalisasi, CIMB Niaga Auto Finance Catat Kenaikan Kinerja di Semester 1 2022

  • Oleh : anto

Kamis, 25/Agu/2022 16:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – Transformasi digital yang konsisten diusung PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) membuat korporasi mampu mencatatkan kenaikan kinerja pada semester 1 2022.

 
CNAF baru saja memaparkan laporan kinerja semester 1 tahun 2022 ini kepada sejumlah media pada Rabu, 24 Agustus 2022, di Jakarta.
 
CNAF melaporkan jumlah pembiayaan baru (Booking) sebesar Rp 4,47 triliun pada Semester 1 tahun 2022. Naik sebesar 103% year-on-year (YoY), dibandingkan periode yang sama di tahun 2021 sebesar Rp 2,20 triliun.     
 
Sejalan dengan peningkatan pembiayaan baru, Perseroan berhasil membukukan laba sebelum Pajak atau PBT (profit before tax) sebesar Rp 246 miliar.  
 
Pencapaian ini naik sebesar 90% YoY dibandingkan semester 1 tahun 2021 sebesar Rp 129 miliar. Laporan kinerja ini disampaikan langsung oleh Ristiawan Suherman, Presiden Direktur CNAF.
 
Di samping itu, Perseroan konsisten mempertahankan rasio kredit bermasalah atau NPF (non performing financing) di bawah rata-rata industri yaitu sebesar 0,92%, lebih rendah dibanding periode yang sama di tahun 2021.  
 
Selain itu, rasio-rasio keuangan juga terjaga dengan baik. Per 30 Juni 2022, return on assets (ROA) dan return on equity (ROE) Perseroan masing-masing tercatat sebesar 8,25% dan 24,87%.
 
“Tahun 2022 merupakan tahun dimana bisnis otomotif sudah mulai kembali seperti sebelum pandemi. Hal tersebut terlihat dari aktivitas masyarakat yang sudah berlangsung normal,” ungkapnya.  
 
Menurutnya, hal ini sejalan dengan berbagai stimulus yang telah dikeluarkan pemerintah dalam percepatan ekonomi.
 
CNAF dalam beberapa tahun terakhir terbilang konsisten dalam menjalankan transformasi digital pada skema bisnisnya.
 
Transformasi digital memungkinkan calon nasabah mengajukan pembiayaan di CNAF hanya dalam waktu kurang dari sejam.  
 
Proses kilat ini dimungkinkan karena CIMB Niaga Finance memanfaatkan teknologi Straight Through Processing (STP). Selain itu, nasabah mendapatkan kemudahan dengan hanya menyediakan KTP dan NPWP.
 
Terbukti, transformasi digital yang dijalankan CNAF mampu meningkatkan kinerja korporasi setiap tahunnya. (anto) 

Baca Juga:
Capai Laba Bersih 31 Persen, CIMB Niaga Auto Finance Bagikan 30 Persen Dividen