Generasi Baru Honda Civic Type R Resmi Dirilis di Jepang, Ini Spek Lengkap dan Harganya

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 02/Sep/2022 14:00 WIB
Honda Civic Type R generasi baru yang resmi diluncurkan di Jepang. (sumber: Honda) Honda Civic Type R generasi baru yang resmi diluncurkan di Jepang. (sumber: Honda)

SoundandMachine.com (Jepang) - Honda telah resmi merilis generasi terbaru untuk hatchback performa tinggi yaitu Honda Civic Type R ke pasar Jepang, sekaligus mengungkap informasi yang lebih detail mengenai perubahan tersebut.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

(sumber: Honda)

Berbasis Civic hatchback generasi kesebelas, Honda mengubahnya dengan konsep desain yang menggabungkan antara keindahan dan kecepatan, serta detail yang berefek performa.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Seperti bukaan gril depan lebih besar untuk performa pendinginan, begitu juga hood vent yang juga lebih membuang panas, dan side garnish serta rear spoiler untuk performa aerodinamika.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

(sumber: Honda)

Berikutnya untuk interior, paduan warna hitam dan merah memberi nuansa performance car, sekaligus berperan untuk menjaga konsentrasi pengemudi ketika memacunya dengan cepat.

Seperti panel instrumen berwarna hitam dengan lapisan gunmetal yang terpolarisasi untuk menghilangkan pantulan cahaya ketika mengendarai dalam cuaca cerah.

(sumber: Honda)

Jok reinforced frame, bentuk polyhedron, material breathable, dan bantalan kerasnya menjaga postur tubuh pengemudi, baik dipacu di sirkuit maupun berkendara santai dengan jarak jauh.

(sumber: Honda)

Civic Type R masih mengusung mesin K20C1 seperti pendahulunya, tetapi dengan turbo yang diperbarui sehingga bertenaga 330 PS di 6.500 rpm dan torsi 420 Nm di 2.600-4.000 rpm.

Sektor pendinginan tentunya juga turut ditingkatkan, selain dari improvisasi gril depan, bukaan efektif radiator turut diperbesar sebesar 48%, begitu juga ukuran inti dan kapasitas kipas agar udara segar bisa masuk secara efisien dari bukaan gril dan dialirkan melalui radiator.

Civic Type R juga memiliki ECU yang mampu mengeluarkan torsi secara instan, sehingga membuatnya lebih responsif ketika dibejek di berbagai range.

Mesin tersebut masih disalurkan oleh transmisi manual 6-percepatan, tetapi lebih presisi mengoper gigi dengan shifter desain baru serta mengoptimalkan shift link di dalam transmisi, serta lebih rendah friksi dengan perpindahan dari gigi 5 ke 4 lebih direct..

Pengurangan bobot flywheel pada kopling juga turut membuat mobil lebih responsif, sehingga membuat sistem rev match, yang secara otomatis mengatur kecepatan putaran mesin berdasarkan deselerasi, memiliki perbedaan signifikan di kecepatan mesin dari gigi 2 ke 1.

Sektor kaki-kaki juga turut diimprovisasi, mulai dari ban lebih lebar 265 mm, dengan tapak kompon berteknologi Michelin yang memiliki daya cengkram lebih baik di jalan kering, performa tetap terjaga di jalan basah, serta lebih tahan aus berkat penggabungan karakteristiknya.

Pelek standar Civic Type R memiliki struktur dimana bagian luar dan dalamnya dibuat reversed agar mengurangi distorsi di bagian dalam pelek dan menstabilkan tekanan kontak dengan jalan, sehingga membuat ban lebih napak ketika melakukan akselerasi, deselerasi, dan menikung.

Di balik pelek tersebut terdapat 2-piece disc brake dari model pendahulunya, tetapi dengan perubahan karakter kekuatannya untuk handling dari kecepatan rendah ke tinggi, serta aliran udara untuk pengurangan panas agar pengereman bisa lebih stabil dan lebih tahan pudar.

Civic Type R menggunakan basis Civic hatchback generasi kesebelas dengan sasis dimana titik pengelasannya 3,8 kali lebih banyak, serta dibuat lebih kaku di sekitaran suspensi.

Sementara suspensi Civic Type R mengusung 4-wheel independent yang memiliki adaptive damper system dan dikontrol secara elektronik, dengan improvisasi di bagian bawah suspensi, agar lebih terkendali meski berada di kondisi jalan kasar sekalipun.

(sumber: Honda)

Civic Type R dilengkapi driving mode yang terdiri dari comfort, sport, +R, tetapi pengemudi bisa mengatur lebih detail antara mesin, setir, suspensi, rev match, panel instrumen, hingga suara mesin.

Pengemudi bisa memantau kondisi kendaraan sebelum atau sesudah dipacu, serta bagaimana mengendarai kendaraan di sirikuit layaknya sebuah telemetri, melalui fitur LogR.

Meski sarat dengan performa, sektor safety tentunya tidak dilupakan dengan adanya sistem keselamatan aktif Honda SENSING sebanyak 12 fitur.

Civic Type R dibanderol dengan harga 4.997.300 Yen atau sekitar Rp. 534 juta, serta produksi yang direncanakan sebanyak 400 unit per bulan dari pabriknya di Saitama, Jepang. (Joule)