Sempat Jadi Trending Topic, Kei-Car Honda N-Box Hadir Perdana di Dreams Cafe Senayan Park

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 07/Sep/2022 10:00 WIB
Honda N-Box di Dreams Cafe Senayan Park, Jakarta yang sempat menjadi trending topic karena kehadirannya tergolong fenomenal. Honda N-Box di Dreams Cafe Senayan Park, Jakarta yang sempat menjadi trending topic karena kehadirannya tergolong fenomenal.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Honda N-Box merupakan salah satu mobil terlaris di Jepang, tepatnya segmen kei-car, dan sempat menjadi trending topic bagi para pencinta otomotif di Indonesia.

Pasalnya, kehadiran N-Box di Indonesia termasuk fenomenal, karena importir umum yang lebih membidik mobil mewah buatan Eropa atau Amerika, menghadirkan kei-car dengan dimensi dan mesin mungil, itupun jenisnya bukan sportscar.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

Pada akhirnya kei-car tersebut hadir di Dreams Cafe, Senayan Park, Jakarta, meski bukan lini PT. Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merk dan pemilik cafe.

“Untuk pertama kalinya di Indonesia, Dreams Café by Honda menampilkan mobil Honda N-Box, salah satu kei car Honda N Series yang sangat populer di pasar domestik Jepang.” tulis PT. HPM dalam keterangan resminya (7/9/2022). 

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Pertama dirilis pada tahun 2011, N-Box merupakan kendaraan berjenis kei-tall wagon, yaitu kei-car dengan bodi tinggi, dan unit yang ada di Dreams Cafe merupakan generasi kedua yang dirilis sejak tahun 2017.

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Di Jepang, N-Box tersedia 2 versi yaitu N-Box versi reguler, dan N-Box Custom yaitu versi premium dengan elemen desain khas Honda segmen menengah ke atas seperti CR-V, Civic atau Accord.

Akan tetapi, N-Box Custom di Dreams Cafe bukan hanya versi “Custom”, tetapi juga merupakan varian tertinggi, yaitu Coordinate Style, dengan dark chrome plating di grl dan garnish, serta pelek hitam-krom.

Berhubung kei-car, N-Box memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.790 mm atau 1.815 mm jika berpenggerak 4WD. Sekedar informasi, kei-car memiliki batasan dimensi 3,4 meter untuk panjang, 1,48 meter untuk lebar, dan 2 meter untuk tinggi.

Meski demikian, interior N-Box sangat lega dengan panjang 224 cm dan tinggi 140 cm, karena mengadopsi konsep “man maximum, machine minimum” yaitu meminimalkan ruang pada komponen mekanis untuk meningkatkan efisiensi ruangan kendaraan. 

Terutama dari tangki bahan bakar N-Box yang berada di bawah jok depan, dan itu sudah menjadi tata letak khas mobil Honda yang membuat interiornya menjadi sangat lega.

Hanya saja kelegaan interior N-Box juga karena untuk 4 penumpang, yang tak lain karena batasan maksimum kapasitas penumpang kei-car. Namun menariknya, kapasitas bagasi bisa dibilang setara mobil yang lebih besar dari kei-car, dan itu dalam kondisi jok belakang berdiri.

Sementara untuk desain interior, nuansa mobil segmen menengah ke atas Honda sangat terasa di N-Box dari warna dan corak serta material jok, karena desain seperti ini juga ada di Civic, CR-V dan Accord, meskipun tentu saja ada penyesuaian konsep sebagai kei-car.

Namun berhubung varian tertinggi, N-Box tersebut memiliki jok dengan jok prime smooth dan aksen merah di dasbor serta door trim, sementara N-Box Custom selain varian tertinggi, material joknya kombinasi antara prime smooth dan tricot.

Unit N-Box Custom Coordinate Style di Dreams Cafe merupakan varian bermesin turbo, namun di Jepang tersedia juga mesin non-turbo berkapasitas 660 cc, yang tak lain karena batasan dimensi mesin kei-car.

Tak ketinggalan, N-Box sudah dilengkapi dengan teknologi keselamatan canggih Honda Sensing, yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System, Adaptive Cruise Control dengan traffic congestion following function, Traffic Sign Recognition, dan sebagainya.  

N-Box merupakan salah satu simbol spirit Honda dalam menciptakan kendaraan yang benar-benar ditujukan untuk pasar Jepang, sehingga tidak mengherankan jika bisa laku keras di negara asalnya tersebut.

Bagi kawan SoundandMachine yang ingin melihat unit ini lebih dekat, kunjungi Senayan Park Jakarta, antara tanggal 1 sampai 26 September 2022. (Joule)