Viral Cat Bodi Terkelupas, Ternyata Warna Matte di Hyundai Ioniq 5 Ada Perawatan Khusus

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 08/Sep/2022 14:00 WIB
Cover panduan perawatan cat matte Hyundai Ioniq 5. (sumber: Hyundai) Cover panduan perawatan cat matte Hyundai Ioniq 5. (sumber: Hyundai)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Jagat media sosial sedang diramaikan dengan video di akun Instagram Bernard Widianto yang menunjukkan cat mobil listrik Hyundai Ioniq 5 terkelupas, setelah ditempel lakban.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

(sumber: Instagram)

Dalam akun Instagram tersebut disebutkan bahwa Ioniq 5 ditempel lakban sebagai anti gores di bagian sil plat footstep agar tidak terbaret. Alhasil, setelah ditempel lakban di atas bodi Ioniq 5 berwarna gravity gold yang berjenis matte tersebut, catnya terkelupas.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

(sumber: Hyundai)

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Terlepas dari siapa yang bersalah atau bertanggungjawab atas kasus tersebut, faktanya Hyundai Global sudah membuat panduan perawatan mobil berwarna matte.

Panduan tersebut berisi keterangan mengapa Hyundai menghadirkan warna matte, garansi, beserta yang harus dilakukan dan dihindari oleh pemilik Ioniq 5.

Alasan Hyundai menghadirkan warna matte antara lain agar menawarkan sebuah keunikan, tetapi dalam panduan tersebut terdapat keterangan bahwa warna matte seperti ini ada perawatannya,

“Warna matte membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga tampilannya. Finishing matte berbeda dengan cat mobil lainnya.” tulis Hyundai dalam panduannya.

Hyundai memberi garansi untuk cat Ioniq 5 antara 36 bulan atau 60.000 km mana yang tercapai lebih dahulu, dari keterangan waktu pengiriman atau pertama kali dipakai. Garansi tersebut berlaku karena cacat dari bahan atau kesalahan pengerjaan dari pabriknya.

Kemudian mengenai hal yang harus dilakukan untuk perawatan, gunakan produk yang berkarakter halus, baik dari alat, material, maupun cairannya. 

Seperti misalnya menggunakan pembersih kaca berbasis alkohol tanpa kandungan amonia atau vinegar dengan lap mikrofiber, atau akan lebih baik jika menggunakan produk yang sudah spesifik untuk warna matte. Begitu juga pengerjaannya, usahakan ketika membilas menggunakan air yang tekanannya rendah, dan mengelap sehalus mungkin.

Sementara mengenai hal yang harus dihindari adalah menggunakan produk yang khusus cat mobil pada umumnya, baik itu alat, material, maupun cairannya. 

Seperti misalnya, hindari menggunakan wax, kompon, poles, detail spray, dan produk perawatan lainnya untuk mobil dengan cat biasa untuk pengerjaan, termasuk lapnya seperti terry cloth, lap kain, atau lap kertas.

Itu berarti jika mengacu pada kasus cat terkelupas yang viral di media sosial, lakban termasuk tidak bersahabat untuk warna matte Ioniq 5.

Mencuci mobil di mesin cuci otomatis pun sebaiknya hindari, karena umumnya menggunakan alat mekanik yang kekuatannya bisa merusak cat.

Dalam panduan tersebut juga dijelaskan lebih detail bagaimana cara mencuci Ioniq 5 dengan warna matte, mulai dari membilas hingga mengelap, serta produk perawatan yang direkomendasikan oleh Hyundai.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perawatan Ioniq 5 berwarna matte, silahkan klik https://www.hyundai.ie/ioniq5/Design_files/IONIQ_5_Matte_Paint_Care_Guide_v1.pdf

Tentunya sejumlah pihak, baik itu Hyundai Indonesia, pemilik mobil, dan pelaku usaha perawatan mobil, harus memahami betul panduan perawatan warna matte Ioniq 5, mengingat butuh perhatian khusus dan di Indonesia animonya tergolong tinggi. (Joule)