Berkat Dua Fitur Unggulan Ini, Bikin Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Cross Lebih Efisien

  • Oleh : redaksi

Kamis, 29/Sep/2022 14:00 WIB


Soundandmachine.com (Tangerang) – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum lama ini memperkenalkan penyegaran dari Xpander Cross di ajang pameran GIIAS 2022 (11-21/8).   
 
Namun ternyata, bukan sekedar ganti kulit atau kosmetik biasa, tetapi ada penambahan dan penyempurnaan beragam fitur aktif yang cukup signifikan.
 
Di tengah kondisi naiknya harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM), berkat dua fitur unggulan yang disematkan, bikin konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Cross lebih efisien.
 
Salah satunya, fitur Eco Indicator yang dinamakan Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter. Kedua fitur ini sangat berguna untuk memandu pengemudi mendapatkan gaya berkendara yang lebih efisien bahan bakar dan ramah lingkungan.  
 
Eco Drive Meter dan Eco Drive Assist bisa ditemukan pada display panel meter berupa ikon daun pada ketiga model terbaru Mitsubishi. Diantaranya Xpander, Xpander Cross dan Pajero Sport.
 
Selain itu, ada informasi yang tertulis ECO. Jika pengemudi berkendara dengan efisien maka informasi ECO akan terus menyala. Namun jika tidak maka informasi ECO akan hilang.
 
Semakin efisien berkendara maka ikon daun akan muncul dengan terisi warna hijau. Jika seluruh daun terisi hijau maka gaya berkendara dipastikan benar-benar efisien.  
 
ECO Meter dan Eco Drive Assist ini akan sangat berguna saat ini di tengah kondisi harga bahan bakar minyak yang semakin mahal.  
 
“Kedua fitur fungsi ini menampilkan bagaimana Anda mengemudi dengan menghemat bahan bakar di bawah kondisi mengemudi yang berbeda,” jelas Rifat Sungkar, pereli nasionar senior sekaligus brand ambassador Mitsubishi di Indonesia dalam keterangan resminya (13/8/2022).
 
Menurutnya, tampilan ECO drive assist  dan eco meter akan berubah jika menjalankan metode mengemudi menggunakan akselerasi yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan.  
 
Kedua adalah fitur Cruise Control yang sudah menjadi standar pada model terbaru Mitsubishi, terutama varian menengah dan teratas. Fitur ini bisa membantu pengemudi untuk mendapatkan efisiensi BBM yang sangat baik.  
 
Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross dilengkapi dengan Cruise Control konvensional, sementara Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan Adaptive Cruise Control.  
 
Perbedaannya adalah Adaptive Cruise Control dapat dengan otomatis menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan yang ada di depan Mitsubishi Pajero Sport.
 
Sebaliknya, Cruise Control yang ada di Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross masih perlu intervensi pengemudi untuk penggunanya.
 
“Jadi untuk cruise control memang sangat membantu sejak adanya jalan tersambung dari Jakarta sampai ujung Jawa. Itu membantu banget dan menyenangkan. Yang perlu dicatat adalah ada dua tipe cruise control, cruise control normal dan adaptive cruise control,” tambah Rifat pada kesempatan berbeda (29/8/2022).
 
Menurutnya, yang terdapat pada Xpander adalah cruise control normal. “Karena kelasnya Small MPV jadi tidak bisa taruh luxurious feature seperti adaptif cruise control yang complicated,” tambahnya.  
 
Rifat menyebut, Cruise control standar, meskipun kecepatan bisa di-lock, tetapi driver awarenes harus tetap ada. Yang kedua, adaptive cruise control.  
 
“Kita punya Pajero dengan fitur adaptive cruise control dan pengeraman aktif. Mobil akan mengikuti kecepatan mobil yang di depannya.  Ini fitur premium makanya adanya di mobil premium,” tutupnya.
 
Berkat keunggulan kedua fitur ini, diyakini dapat mendukung efisiensi konsumsi BBM pada Mitsubishi Xpander Cross. (*)

Baca Juga:
Tawarkan Value For Money Tinggi, Mitsubishi Xpander Exceed Semakin Diminati