Black Auto Battle 2022 di Kota Solo Bikin Kompetisi Modifikasi Jadi Semakin Berisi

  • Oleh : redaksi

Jum'at, 30/Sep/2022 20:00 WIB


Soundandmachine.com (Surakarta) – Kompetisi modifikasi ternama Black Auto Battle 2022 kembali digelar lagi. Event yang mengusung slogan Real Competition, True Champion ini diadakan di kota Solo, Jawa Tengah.
 
Sekaligus menjadi perwakilan provinsi Jawa Tengah atau Center Region, yang dianggap mampu memberikan cita rasa berbeda dalam dunia car tuning di kalangan anak muda.
 
Apalagi, dunia car tuning di region ini tergolong maju pesat seiring dengan kemudahan akses transportasi serta informasi.  
 
Dibuktikan dengan semakin banyaknya rumah-rumah modifikasi, installer dan bagian industry car tuning lainnya yang membangun bisnisnya di kota ini.  
 
Solo juga dianggap berhasil mendukung dan merangsang pertumbuhan industri car tuning di kota sekitar seperti Boyolali, Sragen, Klaten dan sekitarnya.  
 
Menggandeng asosiasi Asia Pacific Car Tuning (APACT) sebagai wadah penjurian, merupakan sebuah hal baru dan yang pertama dilakukan di Black Auto Battle.
 
Tujuannya supaya penjurian yang dilakukan fair dengan metode terukur dan dapat dipertanggung jawabkan.  
 
Para juri yang akan memberikan penilaian adalah mereka yang telah berpengalaman di bidangnya dan telah teruji dalam berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional.
 
Dengan faktor- faktor ini, setiap pemenang di ajang Black Auto Battle dinilai layak menyandang gelar tersebut serta menjadi  trendsetter industri modifikasi Indonesia.
 
Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, BlackAuto Dyno Test untuk tahun 2022 kali ini terbagi atas dua kelas berbeda yaitu kelas Max 4 Cylinder N/A dan Max 4 Cylinder FI.  
 
Belum berubah, mesin ukur daya mesin didatangkan khusus dari Mainline Dynolog Australia dan merupakan satu-satunya engine performance contest di Indonesia.  
 
Sebagai informasi tambahan, mesin dyno garapan Mainline Dynolog Australia ini merupakan salah satu produk dynamo meter terbaik di dunia dengan hasil yang sangat akurat.  
 
Kemampuan mesin ini bisa mengukur daya dari dua karakter penggerak roda berbeda, yaitu depan (FWD), belakang (RWD) atau keduanya (AWD).
 
Untuk Black Out Loud terbagi tiga kelas pertandingan yang mewakili genre berbeda, yaitu SQ, SQL dan SPL.  
 
SQ atau Sound Quality adalah sebuah genre hi end dalam dunia car audio yang mencari tonal akusari, staging, imaging serta listening pleasure dengan menggunakan perangkat software yang sudah ditentukan.  
 
Tahun ini, Black Out Loud bekerjasama dengan tiga asosiasi sekaligus yaitu i-CAN/Indonesia Car Audio Network, EMMA/European Mobile Media Association dan MECA/Mobile Electronic Competition Association.  
 
SQL atau Sound Quality Loud adalah konsep penilaian penggabungan antara nilai SQ dan SPL dengan penilaian dilihat dan didengar diluar kabin mobil.  
 
Juri SQL tahun ini adalah salah satu professional audio dibidang Speaker builder, speaker dan pasif designer sekaligus international judge, Bapak Maslim Djanuanto.  
 
Untuk SPL atau Sound Preassure Level, adalah adu kencang car audio dengan satuan desible yang dikur dengan alat ukur professional terbaru di dunia, Term Lab Magnum.  
 
Sebagai informasi tambahan, Term Lab merupakan alat ukur yang digunakan oleh hampir semua asosiasi pertandingan car audio dunia.  
 
BlackAuto Battle mengunakan seri terbaru Magnum sekaligus menjadi event nasional pertama di Indonesia yang menggunakan alat ukur ini.
 
Selain disuguhkan deretan display mobil-mobil canggih yang  mengusung tema modifikasi terbaik, juga diadakan kontes BlackAuto Angel, serta deretan booth yang  menghadirkan berbagai produk dan aksesoris terkemuka bernuansa otomotif lewat Black Market.
 
Nantikan gelaran Black Auto Battle 2022 selanjutnya dan dapatkan informasi akurat dan ter-update klik www.blackXperience.com. (*)

Baca Juga:
Saling Antusias, Kontes Modifikasi Culture Sense Pertemukan Unsur Otomotif dengan Olahraga Basket