Usung Platform dan Fitur Canggih, Toyota Vios Generasi Baru Siap Ramaikan Pasar Sedan Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 12/Okt/2022 13:00 WIB
Compact sedan Toyota All-New Vios yang baru diluncurkan oleh PT. Toyota-Astra Motor Compact sedan Toyota All-New Vios yang baru diluncurkan oleh PT. Toyota-Astra Motor

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Toyota-Astra Motor (TAM) telah resmi meluncurkan lini compact sedan yaitu All-New Vios, meskipun pasarnya tersegmentasi dan untuk sedan Toyota hanya 1%.

Meskipun pasarnya relatif rendah, PT. TAM mengklaim bahwa sedan termasuk jenis mobil yang ada pemintaannya, terutama untuk segmen fleet atau sebagai mobil armada untuk perusahaan atau instansi pemerintahan.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

“Tangguh, quality sangat baik, fuel consumption, dan desain compact membuat Vios menjadi salah satu produk yang dicintai.” buka Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. TAM kepada SoundandMachine.com dalam konferensi pers online (12/10/2022).

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

(sumber: Toyota)

All-New Vios memakai platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang meningkatkan performa konsumsi bahan bakar, kestabilan, kenyamanan, dan keselamatan, karena memiliki bobot lebih ringan tetapi memiliki kekakuan lebih tinggi.

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Penggunaan platform baru pada All New Vios juga berpengaruh pada dimensi, karena memiliki panjang 4.410mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm.

Meski lebih lebar 10 mm dan lebih rendah 20 mm, serta wheelbase bertambah 70 mm dibanding generasi sebelumnya, All New Vios tetap dapat lincah dalam bermanuver. 

(sumber: Toyota)

Eksterior All-New Vios memakai gaya fastback style yang bukan hanya akhir-akhir ini dipakai oleh Toyota untuk lini sedan menengah ke atas seperti Camry, tetapi juga berefek pada aerodinamika.

(sumber: Toyota)

Kemudian untuk interior, bukan hanya memiliki konsep elegant dan powerful dengan tampilan modern dan fitur terkini, tetapi juga memberikan kenyamanan.

Pasalnya, All-New Vios memiliki desain jok yang lebih berorientasi pengemudi, serta penambahan wheelbase untuk kenyamanan penumpang belakang meski berbodi bungkuk fastback style.

All-New Vios juga sudah dilengkapi fitur terkini, seperti air purifier, panel instrumen digital seperti di Raize dan Veloz untuk tipe tertingginya yaitu G, serta electric parking brake.

All-New Vios lebih aman berkat adanya fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS), serta fitur keselamatan pasif airbag 6-titik, dan platform DNGA yang memiliki kemampuan lebih untuk meredam impak setelah terjadi tabrakan.

Adapun fitur TSS yang ada di All-New Viios antara lain Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), Pedal Misoperation Control (PMC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Auto High Beam (AHB), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Allert (RCTA), dan Front Departure Alert (FDA).

Fitur TSS pada All-New Vios juga memberikan kenyamanan berkendara dengan adanya Adaptive Cruise Control (ACC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman dengannya sehingga sangat efektif ketika cruising di jalan tol. 

(sumber: Toyota)

Mesin yang digunakan untuk All-New Vios adalah 1.500 cc berkode 2NR-VE dengan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm yang disalurkan oleh CVT untuk tipe G, dan transmisi manual untuk tipe E.

Selain itu, All-New Vios juga sudah dilengkapi setingan electric power steering yang membuat menikung lebih stabil serta memperpendek radius putar sehingga lebih memudahkan pengemudi untuk bermanuver.

All-New Vios yang kini dirakit di Thailand, hadir dengan 3 varian, yaitu tipe E M/T dibanderol Rp. 314,9 juta, G CVT dibanderol Rp. 355,2 juta, dan G CVT Toyota Safety Sense dibanderol Rp. 368,4 juta. Harga yang sangat kompetitif untuk compact sedan, dan diharapkan akan membuat segmennya ramai kembali seperti di era 2000-an. (Joule)