Sempat Stop Dijual, Honda Fit RS Resmi Kembali Hadir di Jepang. Begini Detailnya

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 21/Okt/2022 12:00 WIB
Honda Fit RS yang resmi dirilis di Jepang, setelah sempat menghilang ketika pergantian generasi. (sumber: Honda) Honda Fit RS yang resmi dirilis di Jepang, setelah sempat menghilang ketika pergantian generasi. (sumber: Honda)

SoundandMachine.com (Jepang) - Honda Motor Co., Ltd. telah resmi meluncurkan facelift untuk mobil kompaknya, yaitu Honda Fit, atau lebih dikenal sebagai Honda Jazz untuk pasar luar Jepang, termasuk di Indonesia sebelum digantikan posisinya oleh Honda City Hatchback.

(sumber: Honda)

Baca Juga:
Lebih Mewah dari Alphard, Toyota Resmi Rilis All-New Vellfire di Pameran IIMS 2024

Namun ada yang menarik dari peluncuran Fit facelift, yaitu kembalinya trim RS yang sempat menghilang ketika Honda melakukan pergantian model untuk produk unggulannya tersebut pada tahun 2020 silam.

Baru-baru ini Honda mengungkapkan lebih detail mengenai kembalinya Fit RS, mulai dari hanya tersedia mesin hybrid e:HEV untuk saat ini, sementara varian mesin bensin 1.500 cc akan hadir di Jepang pada 10 November 2022 mendatang.

Baca Juga:
Terinspirasi dari Awan, Mobil Listrik Baru Wuling Cloud EV Lebih Nyaman untuk Jarak Jauh

Sekedar informasi, Honda merilis Fit RS bermesin hybrid sejak generasi kedua, dan pada waktu itu disalurkan oleh transmisi CVT atau manual 6-percepatan yang pertama dan satu-satunya di kelasnya, dan juga generasinya.

Fit RS menggunakan bumper depan, gril, side sill garnish, bumper belakang, rear spoiler, dan pelek yang membuatnya terlihat lebih sporti dan agresif, sekaligus pembeda dengan varian lainnya.

Baca Juga:
IIMS 2024: Diproduksi Khusus untuk Fitra Eri, HSR Wheel Luncurkan Velg Berbahan Magnesium

(sumber: Honda)

Kemudian untuk interior, menggunakan paduan warna abu-abu dan putih yang relatif kalem tetapi agak bertolak belakang dengan eksterior sportinya. 

Setidaknya untuk tipe RS, setirnya menggunakan desain palang tiga yang bernuansa sporti namun berkelas dengan lapis material kulit, sementara varian selain RS setirnya berpalang dua.

(sumber: Honda)

Nuansa sporti Fit RS bukan semata di eksterior atau interior, tetapi juga sampai kepada rasa berkendara. 

(sumber: Honda)

Itulah mengapa Fit RS dilengkapi paddleshift di setir untuk mengontrol deselerasi, serta drive mode switch yang terdiri dari normal, eco, dan sport, untuk setingan karakter akselerasi serta suspensi.

(sumber: Honda)

Selain itu suspensi Fit RS juga sudah di-tuning agar lebih stabil dan minim guncangan ketika melewati jalan bergelombang, sehingga berkendara menjadi lebih aman dan menyenangkan.

Fit RS memiliki dapur pacu bertenaga 106 PS di 6.000-6.400 rpm untuk mesin 1.500 cc naturally-aspirated, dan motor listrik bertenaga 123 PS di 3.500-8.000 rpm.

Sistem Honda Sensing Fit RS juga sudah dilengkapi traffic jam assist dan sudden acceleration control, blind spot information dan backing out support sebagai standar. Masuk Indonesia gak ya? (Joule)