Dibangun Karoseri New Armada, Bus Baru PO Pandawa 87 Pakai Sasis Hino RM 280 Air Suspension

  • Oleh : anto

Sabtu, 29/Okt/2022 16:00 WIB


Soundandmachine.com (Magelang) - PT Pandawa Wolu Pitu atau lebih dikenal dengan PO Pandawa 87 baru saja merilis bus barunya yang sudah selesai dibangun di karoseri New Armada.
 
Menggunakan sasis terbaru dari Hino, yaitu RM 280 air suspension, space frame. Bus ini dipasangkan bodi terbaru dari karoseri New Armada yaitu Skylander R22 SHD.  
 
Acara handover ceremony bus terbaru PO ini dilakukan di markas karoseri yang berlokasi di Jl. Mayjen. Bambang Soegeng No 7 Magelang, Jawa Tengah (28/10/2022).  
 
Penyerahan simbolis diwakili Anton Nugroho, Deputy GM Bus PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dan Charles Hugo Wahyadiyatmika, Managing Director PT Mekar Armada Jaya kepada Gunawan Agung, owner PO Pandawa 87.
 
Menilik eksteriornya, bus ini memiliki tampilan depan yang gagah dengan permainan garis dan lekukan yang sporty.  
 
Menggunakan model double glass dengan ciri khas bando, bus ini turut dilengkapi dengan desain spion kamera dengan variasi cover led biru yang menambah kesan futuristik. Perpaduan warna biru dan livery yang modern.  
 
Bagian belakangnya, turut dilengkapi dengan layar LED screen untuk menampilkan gambar camera di depan bus ataupun informasi yang dapat terlihat bagi pengendara yang ada di belakang bus.
 
Desain bagasinya “los” atau tembus dari kiri ke kanan yang memungkinkan motor masuk dalam bagasi tanpa harus dimiringkan. Kapasitasnya yang luas tercipta berkat rancang bangun sasis space frame Hino RM 280.
 
Masuk ke interior, kabin didesain menghadirkan tampilan elegant dengan hadirnya motif kayu di beberapa bagian dashboard dan interior.  
 
Pada panel kabin di Pilar A terdapat layar LCD di kiri dan kanan untuk menampilkan gambar dari spion kamera.  
 
Bagi penumpang, disediakan kompartemen penyimpanan barang, tempat charger dan dudukan wadah minum serta interior yang dihiasi tata lampu dengan ambiance yang menarik.  
 
Joknya punya desain yang didominasi kulit berwarna coklat dari Rimba Kencana yang semakin menambah tampilan mewah.
 
PO asal Pasuruan ini, memilih Hino RM 280 karena dilengkapi dengan wide air suspension yang meningkatkan stabilitas kendaraan untuk kenyamanan penumpang. Apalagi disematkannya teknologi Overheat Control System (OCS).  
 
Berguna untuk mencegah adanya engine blow karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin yang membuatnya handal dalam melintasi jalan tol yang panjang, seperti Trans Jawa maupun Trans Sumatra.  
 
Hino Bus RM 280 dinilai cocok untuk bisnis PO Pandawa 87 yang bergerak dibidang transportasi antar kota antar propinsi (AKAP) dan bus pariwisata. Baik itu untuk destinasi wisata di Pulau Jawa, Madura, Bali, Lombok hingga Pulau Sumatra.
 
“Serah terima Hino Bus RM 280 ini menandai kepercayaan yang diberikan oleh Pak Haji Gunawan Agung selaku pemilik PO Pandawa 87 kepada Hino,” jelas Anton Nugroho, Deputy GM Bus PT. HMSI.
 
Menurutnya, kepercayaan ini menjadi pembuktian kualitas bus Hino, yang mampu bersaing dikelas bus premium untuk meningkatkan keuntungan dan kemajuan bisnis pelanggan Hino.
 
“Sebagai market leader, line-up bus kami memang terkenal kuat, bertenaga serta memiliki biaya operasional yang efisien dan ekonomis termasuk untuk urusan perawatan dan suku cadang yang terjangkau. tentunya hal ini menjadi nilai tambah untuk bagi para pengusaha otobus”, tutup Anton.
 
Segenap keunggulannya produk dan layanan purna jual ini sesuai dengan filosofi Total Support yang selama ini diusung Hino. (anto)

Baca Juga:
Jadi Truk Listrik Pertama di Indonesia, Mitsubishi Fuso eCanter Siap Dijual di GIIAS 2024