Hadirkan Fitur Tercanggih di Kelasnya, Honda WR-V Siap Tempur di Segmen Small SUV

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 03/Nov/2022 10:00 WIB
Honda WR-V, yang diluncurkan oleh PT. Honda Prospect Motor untuk bertarung di segmen small SUV. Honda WR-V, yang diluncurkan oleh PT. Honda Prospect Motor untuk bertarung di segmen small SUV.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Honda Prospect Motor (HPM) telah resmi merambah segmen small SUV (SSUV) yang akhir-akhir ini pasarnya tinggi di Indonesia, dengan meluncurkan Honda WR-V pada tanggal 2 November 2022 di Senayan Park, Jakarta.

WR-V, yang memiliki arti Winsome Runabout Vehicle, siap bertarung di segmen SSUV dengan sejumlah elemen khas Honda.

Baca Juga:
Digeber Rifat Sungkar, Mitsubishi Triton Buktikan Ketangguhannya di Balapan AXCR 2022

“Sebagai keluarga SUV Honda, WR-V menampilkan gaya luar biasa, fitur-fitur canggih, performa tangguh, keselamatan kelas dunia, dan gaya uniknya sendiri.” buka Kotaro Shimizu, President Director PT. HPM kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran (2/11/2022).

Baca Juga:
Pakai Platform TNGA Terbaru, Toyota Prius Generasi Kelima Memulai Debut Perdana

Pada prinsipnya, WR-V merupakan low SUV Honda BR-V yang dibuat menjadi SSUV, dengan sejumlah penyesuaian di eksterior, interior, dan mesin.

Dengan konsep vibrant and bold, eksterior WR-V memiliki desain sporti khas Honda masa kini yang minim lekukan, serta gagang pintu belakang ala coupe seperti HR-V.

Baca Juga:
Harga Rp 500 Jutaan, Teknologi Ini Bikin Chery Tiggo 8 Pro Rasa SUV Premium Senilai Rp 1 Miliar

Melihat bagian belakang WR-V, desainnya sekilas mirip BR-V namun tampilan pintu belakangnya lebih bersih, serta lampu yang memiliki desain lebih tajam.

Masuk ke interior, seperti halnya bagian belakang eksterior karena desain dasbor dan setirnya sama dengan BR-V. Perbedaannya sebatas aksen warna dan juga corak jok untuk mengejar tampilan sporti, khususnya tipe Road Sailing (RS).

Meski berbodi bungkuk, WR-V justru menawarkan kabin terlega di kelasnya menurut klaim Honda, dari head clearance, tandem, leg room, dan knee clearance.

Mesin 1.500 cc yang digunakan juga sama seperti BR-V, namun ada perbedaan di setingan ECU, menyesuaikan karakternya sebagai SSUV.

“Memakai platform yang sama seperti BR-V, yang diluncurkan tahun lalu di Indonesia.” jelas Poychat Ua-arayaporn, Large Project Leader Honda R&D Asia-Pacific Co., ltd.

Tak ketinggalan, WR-V juga turut menghadirkan engineering khas Honda yang menawarkan kenyamanan dan fun to drive lebih, dari tuning suspensi dan setir.

WR-V juga dilengkapi sistem keselamatan aktif Honda SENSING, yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control, Lead Car Departure Notification System, dan Auto-High Beam.

Meski berbodi mungil, WR-V sudah dilengkapi fitur LaneWatch, yang bisa diaktifkan apabila pengemudi menekan tombolnya, atau menyalakan sein kiri, untuk membantu pengemudi memperhatikan kondisi jalan sebelum berbelok atau berpindah jalur.

WR-V tersedia 3 tipe, yaitu tipe E dengan harga Rp, 271,9 juta, tipe RS dengan harga Rp. 289,9 juta, dan tipe RS Honda Sensing dengan harga Rp. 309,9 juta. Semuanya hanya tersedia transmisi CVT.

SSUV makin rame aja nih. (Joule)