Tanpa Ganti Head Unit, DSP Alpine PXE-R600 Jadi Solusi Upgrade Audio Honda All-New HR-V

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 04/Nov/2022 10:00 WIB
Instalasi digital signal processor (DSP) Alpine PXE-R600 di Honda All-New HR-V. Instalasi digital signal processor (DSP) Alpine PXE-R600 di Honda All-New HR-V.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Akhir-akhir ini pabrikan otomotif ketika membuat sebuah mobil, semakin serba terintegrasi. Itupun bukan hanya mobil kelas atas saja, tetapi juga sudah sampai kepada kelas menengah.

Baca Juga:
Speaker Focal Flax Series, Bikin Kualitas Audio di Toyota Kijang Innova Zenix Jadi Lebih Natural

Salah satunya Honda All-New HR-V, dimana untuk 2 tipe tertingginya yaitu SE dan RS, sudah tidak bisa lagi melepas head unit karena sudah terintegrasi dengan sistem Honda Sensing serta LaneWatch.

Meski demikian, ternyata masih bisa meningkatkan kualitas suara audio mobil tanpa melepas head unit bawaannya, salah satunya dengan memasang Digital Signal Processor (DSP) Alpine PXE-R600 yang sudah memiliki 8-channel.

Baca Juga:
Jadi Referensi Upgrade Audio Proper, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid ini Terapkan Sistem 3-Way

“Di mobil itu ada tweeter, midbass, sama bagian belakang speaker. Untuk bikin aktif itu, DSP 8-channel aja cukup misalnya mau upgrade lebih dari standar.” buka Fahrul Supangkat, Brand Director Alpine Indonesia kepada SoundandMachine.com di Black Stone Garage (24/9/2022).

Baca Juga:
Pakai Musik Format Streaming, Car Audio Network Lakukan Digitalisasi Materi Penilaian di Musim 2023

Dirilis sejak tahun 2020, PXE-R600 dibuat untuk mengatasi persoalan kualitas suara, bahkan dengan speaker dan peredaman standar sekalipun.

“Data-data digital itu diproses di sini (DSP), gak langsung ke speaker. Mulai dari level, crossover, EQ, time correction, banyak hal yang bisa kita rapikan untuk audio sistem di mobil ini.” jelas Eddie Soesanto, Instalatur dari gerai Cartens Audio yang juga dealer resmi Alpine.

PXE-R600 sudah bekerja membuat semua speaker standar suaranya menjadi lebih terdengar dari perangkat tersebut terpasang. Tentunya kualitas suara akan lebih baik apabila dilakukan tuning oleh ahlinya.

“Pertama fokus dirapikan biar suara penyanyinya keluar dari tengah, timing antara speaker antara depan dan belakang biar datangnya bareng, terus abis itu ekualisasinya, jadi frekuensi yang berantakan tadi dirapikan, filter buat jaga speaker, kita tuning hasilnya beda.” jelas Eddie.

Tak ketinggalan, instalasi DSP PXE-R600 tidak akan mengganggu perangkat penting dari 2 tipe tertinggi All-New HR-V seperti Honda Sensing dan LaneWatch.

“Kita nambah (komponen) dengan sistem plug and play. Kita pakai buat angkat speaker standar, tuning satu-satu.” tambah instalatur berambut kuncir tersebut.

Dengan demikian, pasang DSP PXE-R600 bisa menjadi langkah pertama untuk upgrade audio untuk 2 tipe tertinggi All-New HR-V, termasuk untuk upgrade yang lebih advance. (Joule).