Mudah Diinstalasi, Begini Cara Pasang Sendiri Speaker BOOST! di Mobil Toyota Fortuner

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 16/Nov/2022 14:00 WIB
Speaker plug and play Boost! untuk Toyota Fortuner. (sumber: istimewa) Speaker plug and play Boost! untuk Toyota Fortuner. (sumber: istimewa)

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Audioworkshop menambah lini brand car audionya sendiri yaitu Boost!, yang lebih fokus pada car audio system plug and play, dimana pemasangannya hanya perlu ganti komponen standarnya saja. 

Dengan speaker tersebut, bukan hanya membuat kualitas car audio lebih baik dari standar, tetapi juga mudah dipasang karena hanya perlu ganti speaker standarnya saja, tanpa perlu custom boks atau sampai membongkar door trim standar.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Speaker Boost! plug and play untuk Toyota (sumber: Dominations)

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

“Saya bikin sesuatu yang improvised product, saya sesuaikan dengan mobil yang banyak di Indonesia.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Founder and Product Engineer Dominations kepada SoundandMachine.com di ICE BSD (14/8/2022).

Untuk saat ini, BOOST! baru tersedia untuk mobil rakitan Toyota seperti Kijang Innova dan Fortuner, serta yang sudah dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) seperti Corolla Altis, Corolla Cross, Camry, Voxy, dan sebagainya.

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

(sumber: Toyota)

Buat kawan Soundandmachine yang ingin mencoba memasang sendiri, PT. Audioworkshop membuat sebuah tutorial di YouTube b1agaimana cara memasang speaker BOOST! di salah satu mobil rakitan Toyota yaitu Fortuner VRZ, dan speaker tersebut berkode CX 165 TO model coaxial.

Sebelum memulai instalasi, siapkan alat seperti pencungkil, obeng, tang, bor rivet, dan rivet beserta bautnya. Disarankan untuk memasang peredam terlebih dahulu sebelum mengganti speaker, untuk kualitas suara lebih baik.

(sumber: Dominations)

Pertama, lepas door trimnya dengan membuka semua sekrup pengaman trim, dan lepaskan semua sekrup dengan hati-hati sebelum mencoba mencungkil trim, untuk menghindari patah.

Kemudian setelah semua sekrup dilepas, cungkil wood panel door trim dan copot komponen yang terhubung dengan kabel ke mobil seperti power window dan central lock.

(sumber: Audioworkshop)

Untuk sebagian mobil, beberapa trim plastik harus dilepas, dan untuk mencabut door trim biasanya mulai dari bawah ke atas.

(sumber: Audioworkshop)

Setelah door trim dilepas, lepaskan speaker standar yang terpasang di mobil, dengan mengebor rivetnya. Lepaskan juga sisa rivet yang masih menempel dengan menggunakan tang, dan jangan sampai tertinggal atau jatuh ke pintu.

(sumber: Audioworkshop)

Cabut speaker standar, kemudian pasang speaker Boost!-nya dengan memposisikan, menyambungkan kabel standar, dan kencangkan dengan baut rivet yang sejajar dengan konektor sesuai posisinya.

Setelah speaker BOOST! terpasang, pasang kembali door trim yang sebelumnya dilepas untuk instalasi. Mudah kan? Selamat mencoba. (Joule)