Memulai Debut Dunia, Toyota Indonesia Kenalkan Lini Produksi Terbaru Elektrifikasi Kijang Innova

  • Oleh : redaksi

Senin, 21/Nov/2022 12:30 WIB


Soundandmachine.com (Karawang) – PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memperkenalkan lini produksi terbaru mereka yang memulai debut dunia, yakni generasi baru elektrifikasi Kijang Innova bermesin Hybrid (21/11/2022).
 
“Sebagai milestone Toyota dalam EV (Electric Vehicle), hari ini adalah milestone yang signifikan dan saya ingin merayakan ini sebagai world premiere mobil ikonik nasional Indonesia, yaitu Toyota Kijang,” jelas Hao Quoc Tien, Toyota Motor Corp CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific.
 
Hal ini disampaikannya dalam sesi sambutan pada kegiatan “The New Toyota Electrified Vehicle Production Line-off Ceremony & Global Premiere" yang berlokasi di fasilitas perakitan PT TMMIN di Kawasan Industri KIIC Karawang, Jawa Barat.  
 
Turut hadir pada kesempatan ini Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU., Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia dan Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si., Menteri Perindustrian Republik Indonesia.
 
“Hari ini juga spesial karena ini juga menjadi momen yang pertama dimana EV Toyota diproduksi di Indonesia,” lanjut Hao Quoc Tien.
 
Menurutnya, Toyota menargetkan Karbon Netral pada 2050 dan Net Zero Karbon di seluruh operasionalnya di 2035. Ini adalah komitmen Toyota yang kuat untuk Toyota Global, termasuk Toyota Indonesia.
 
“Toyota percaya pada langkah yang realistis, sustainable dan langkah yang praktikal melalui beberapa contoh seperti Mobil Hybrid electrical, baterai EV, Fuel cell EV, termasuk Mobil Bio Fuel  dan semuanya bisa berjalan berdampingan yang menjadi pilihan customer,” jelasnya.
 
Dengan teknologi ini, menurutnya proses dekarbonisasi bisa dimulai segera tanpa menunggu kelengkapan infrastruktur pendukung di lingkungan.
 
Dalam pemaparannya, Toyota akan menyediakan clean mobility untuk semua, sembari mendukung langkah Indonesia untuk green economy.
 
Kilas balik di tahun 1977, Kijang pertama diperkenalkan sebagai mobil pick up. Pada perjalanannya, Kijang menjadi family car dan merepresentasikan Otomotif Indonesia dan mendunia hingga ke lebih dari 60 negara.  
 
Kijang Innova Zenix ini akan diperkenalkan sebagai mobil dengan teknologi yang lebih clean. “Terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas dukungan kuatnya untuk Hybrid EV dimana Toyota berhasil menjadikan mobil elektrik ini menjadi produksi massal untuk market Asia,” jelasnya.  
 
Tidak hanya mobilnya, tapi baterainya juga diproduksi di Indonesia produksi generasi baru Kijang ini didukung lebih dari 100 supplier lokal. Model ini didesain oleh tim lokal termasuk para engineer dari Indonesia.
 
“Terima kasih kepada para Pemerintah, customer, Indonesia employee, partner, suppliers, dealer, media dan masyarakat umum untuk Toyota Indonesia dimana Toyota bisa melanjutkan sisi kompetitifnya dan memulai Era Baru toyota Indonesia melalui elektrifikasi,” tutup Hao.
 
Selamat datang model elektrifikasi terbaru Toyota yang diproduksi pertama kalinya di dalam negeri. (Joule, Febri, Anto)

Baca Juga:
Digeber Rifat Sungkar, Mitsubishi Triton Buktikan Ketangguhannya di Balapan AXCR 2022