Tawarkan Performa Berkendara Lebih Baik, Toyota Luncurkan Dua Lini Gazoo Racing Terbaru

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 11/Des/2022 10:00 WIB
Dua produk Toyota Gazoo Racing terbaru yang menghadirkan peningkatan performa, Hilux GR Sport (kiri) dan GR Supra (kanan). (sumber: Toyota) Dua produk Toyota Gazoo Racing terbaru yang menghadirkan peningkatan performa, Hilux GR Sport (kiri) dan GR Supra (kanan). (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Toyota-Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia, telah resmi meluncurkan dua produk terbaru untuk lini divisi motorsport Toyota Gazoo Racing (TGR), pada tanggal 7 Desember 2022.

Dua produk tersebut antara lain penambahan varian GR Sport untuk mobil double-cabin (D-Cab) Toyota Hilux, dan improvisasi untuk sportscar Toyota GR Supra.

Baca Juga:
Lebih Mewah dari Alphard, Toyota Resmi Rilis All-New Vellfire di Pameran IIMS 2024

(sumber: Toyota)

Baca Juga:
Tokyo Auto Salon 2024: Toyota GR Yaris Dapat Improvisasi, Ada Peningkatan di Dua Aspek

Hilux GR Sport bukan hanya tampil lebih sporty dan advance untuk sebuah Hilux, tetapi juga menghadirkan peningkatan performa berkendara sebuah D-Cab untuk mobilitas perkotaan dan sebagai off-roader, dengan DNA ajang reli terganas di dunia, yaitu reli Dakar.

“Semangat continuous improvement sebagai DNA Motorsport TGR diaplikasikan pada Hilux GR Sport sehingga membuat penampilannya menjadi semakin sporty dan tangguh, serta dilengkapi dengan performa mesin yang lebih bertenaga dan driving experience yang sporty.” buka Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM dalam keterangan resminya (7/12/2022).

Baca Juga:
Usung Nama Hilux, Toyota Rangga Concept Siap Diluncurkan di Indonesia Awal Tahun 2024

Penampilan Hilux dibuat lebih sporti dengan penyematan beberapa ornamen dan emblem GR Sport, grille trapezoidal untuk kesan kokoh bernuansa klasik dengan logo tulisan “TOYOTA”, pelek 18 inch dengan over fender tebal di atas roda depan dan belakang, dan sebagainya.

(sumber: Toyota)

Nuansa sporti juga sampai pada interior dengan GR Sport Type Seat dengan material kombinasi antara bahan suede, genuine, dan synthetic leather, logo GR di headrest, setir bermaterial kulit dan logo GR, paddle shift, dan sebagainya.

Sementara di sektor performa, Hilux GR Sport dilengkapi mesin 1GD-FTV berkapasitas 2.800 cc turbo Diesel bertenaga 204 PS pada 3.000-4.000 4 rpm dan torsi 51 kgm pada 1.600-2.800 rpm yang disalurkan oleh transmisi otomatis 6-percepatan.

Selain itu, sektor suspensi juga turut dibenahi dengan dibuat lebih rigin serta penyematan MONO-Tube Type Shock Absorber untuk menyajikan feeling kemudi dengan cita rasa mobil balap dengan keseimbangan antara kenyamanan dan respons kemudi yang memadai.

(sumber: Toyota)

Sementara itu untuk sportscar GR Supra, mengalami improvisasi di eksterior, interior, dan engineering untuk performa dan rasa berkendara lebih baik.

“Sejalan visi menghadirkan ever better sportscar, Toyota melakukan improvement pada ride dan handling berdasarkan input dari pelanggan yang mengandalkannya dan meraih prestasi terbaik di track balap yang tidak mengenal kompromi.” jelas Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. TAM.

Improvisasi tersebut terlihat dari eksterior melalui pelek 19 inci desain baru seperti GR Yaris dan GR 86, dengan material yang sanggup mengurangi bobot sebesar 1,2 kg per peleknya.

(sumber: Toyota)

Selain itu di sektor interior, setir New GR Supra dibuat lebih segar dengan sentuhan ornamen berwarna silver, serta peningkatan sistem audio JBL dengan menambah speaker dari 10 unit menjadi 12 unit.

Di sektor performa, TGR melakukan fine tune pada adaptive variable suspension (AVS), tepatnya karakter redaman shock absorber untuk meningkatkan roll balance dan ride comfort. 

Selain itu, bushing stabilizer juga turut diimprovisasi untuk meningkatkan respons awal kemudi yang sangat krusial bagi sebuah sportscar. 

Ditambah, improvisasi chassis control system yang mencakup AVS, Electric Power Steering (EPS), dan Vehicle Stability Control (VSC) untuk meningkatkan feeling dan kendali kemudi ketika digeber habis.

Dengan demikian, Toyota bukan hanya menambah lini TGR, tetapi juga membuatnya lebih baik, yang tak lain untuk rasa berkendara lebih menggairahkan. (Joule)