Lebih Agresif dan Emosional, Porsche Resmi Luncurkan Cayman GT4 RS untuk Pasar Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 18/Des/2022 12:00 WIB
Porsche Cayman GT4 RS yang diluncurkan untuk pasar Indonesia. Porsche Cayman GT4 RS yang diluncurkan untuk pasar Indonesia.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Porsche Cayman GT4 merupakan versi yang lebih berorientasi pada sirkuit dari sejumlah fitur jika dibandingkan dengan model regulernya, namun tetap legal untuk dikendarai di jalan umum.

Namun apabila GT4 masih dirasa kurang puas, Porsche telah resmi meluncurkan varian dengan spesifikasi lebih tinggi, yaitu Cayman GT4 RS, pada tanggal 15 Desember 2022 di Porsche Center, Jakarta.

Baca Juga:
Tawarkan Cicilan Terjangkau, Mandiri Utama Finance Jadi Mitra Resmi Pembiayaan Mobil Sport Porsche

“GT4 RS bisa mengkombinasikan dua-duanya, performance atau technicality dengan fun atau istilahnya, perfectly irrational, kadang kalau kita merasakan hal yang sempurna mungkin rasional banget, kita mau ngebuktiin di GT4 RS bahwa perfection itu bisa juga irasional.” buka Ricko Boen, Porsche Trainer kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran (15/12/2022).

Baca Juga:
Hadir di GIIAS 2023, Porsche Indonesia Luncurkan Dua Model Baru Penakluk Segala Medan

Eksterior Cayman GT4 RS sangat terfokus pada performa, yang terlihat dari perangkat aerodinamika seperti spoiler serta sirip fender, serta material carbon fiber di beberapa bodi.

Namun bukan hanya itu saja, karena front diffuser dan sayap GT4 RS juga bisa diatur sudutnya, yang bisa berpengaruh pada aerodinamika.

Baca Juga:
Rayakan 75 Tahun Eksistensi Mereknya, Porsche Indonesia Adakan Festival of Dreams

Dengan eksterior seperti ini tentunya membuat bobotnya lebih ringan, aerodinamika dan pendinginan rem lebih baik, hingga berujung pada tampilan yang lebih agresif.

Kemudian untuk interior, disinilah Porsche menunjukkan sisi irasionalnya dalam arti, bukan hanya mengutarakan aspek fungsi yang sejalan dengan estetika melalui penggunaan parts, tetapi juga sisi emosionalnya.

Ketimbang membuat ‘berisik’ dari luar mobil, Porsche membuatnya dari dalam melalui improvisasi air intake yang bukan hanya untuk performa pendinginan, tetapi juga rasa berkendara, dimana pengemudi bisa merasakan berisiknya sensasi mobil balap ketika digeber.

Bisa dibilang, engineer Porsche memanfaatkan betul potensi mesin tengah Cayman GT4 RS untuk kenikmatan lebih selama berkendara, dan itu membedakannya dengan 911 yang mesinnya berada di belakang.

“(911) GT3 biasanya keras di luar exhaust-nya, tapi kalau di GT4 RS itu noise regulation-nya tetap dapat, di luar tetap tenang jadi gak ada masalah noise di trek, tapi di dalam mobil itu jauh lebih emosional, suaranya jauh lebih keras, jadi sangat emosional untuk driver-nya sendiri.” jelas Ricko.

Mesin flat-6 naturally-aspirated Cayman GT4 RS mengeluarkan tenaga 500 PS dan torsi 450 Nm, lebih bertenaga dan bertorsi dari GT4. 

Namun mesin Cayman GT4 RS hanya disalurkan melalui transmisi dual-clutch PDK 7-percepatan yang membuatnya mampu akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,4 detik.

Apabila tertarik, Cayman GT4 RS dibanderol mulai dari Rp. 6,16 Miliar hingga sekitar Rp. 7,29 Miliar untuk full-option-nya. (Joule)