Focal Utopia M Racikan Gerai Audio Sterindo Autosound ini Bisa Jadi Referensi Instalasi

  • Oleh : redaksi

Senin, 19/Des/2022 18:00 WIB
Focal Utopia M di mobil milik instalatur gerai audio Sterindo Autosound. Focal Utopia M di mobil milik instalatur gerai audio Sterindo Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Gerai Sterindo Autosound mengadakan pameran car audio di gerainya yang berada di daerah Jl. H. Nawi, Jakarta Selatan, yaitu Mini Exhibition Car Audio pada tanggal 3 Desember 2022.

Salah satu produk car audio yang menjadi andalan sang instalatur di pameran tersebut adalah Focal Utopia M di Mitsubishi Lancer EX miliknya sendiri, dan juga Honda HR-V milik pelanggannya.

Baca Juga:
Instalasi Multifungsi, BestBuddyShop Upgrade Audio Toyota Land Cruiser Full Alpine F1 Status

Utopia M merupakan salah satu produk unggulan Focal dengan profil kerucut dan sasis unik, untuk meningkatkan kualitas suara yang belum pernah diraih sebelumnya.

“Salah satu the best speaker di dunia, saya juga hobi, saya juga mau denger sistem bagus dong. Focal M Line bisa.” buka Sandy Wuntoro, Instalatur Sterindo Autosound kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (3/12/2022).

Baca Juga:
OEM-nya Unik, Speaker 2-Way Hertz K 130 Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro Mercedes 280 GE

Lancer EX milik Sandy sudah full Utopia M dengan sistem 3-way, yang terdiri dari tweeter, midrange, woofer, dan subwoofer.

Baca Juga:
Kecil-Kecil Cabe Rawit, Midrange Audison AP 2 Pas untuk Suara Lebih Detail di Kabin Belakang

Sementara HR-V milik pelanggannya, Focal Utopia M yang terpasang hanya midrange, tweeter, dan subwoofer. Menariknya, Utopia M tersebut dipasang di kabin bagian belakang, berbeda dengan Lancer EX milik Sandy yang dipasang di kabin bagian depan.

“Untuk ngebantu front speaker supaya headroom-nya lebih baik.” jelas Sandy.

Utopia M bisa memiliki kualitas suara terbaik tidak lepas dari pengembangan dan pembuatannya yang dilakoni langsung oleh para desainer serta insinyur Focal di negara asalnya, yaitu Perancis.

Kombinasi antara struktur M-profile dan W-sandwich cone menjadi teknologi andalan Focal dalam pembuatan Utopia M, baik untuk tweeter, midrange, woofer, maupun subwoofer.

Struktur M-profile dan W-sandwich yang memiliki rigiditas tinggi, serta Tuned Mass Damper (TMD) surround dengan desain keranjang unik, menghasilkan kualitas suara terbaik untuk woofer Utopia M.

Selain itu, woofer Utopia M juga memiliki teknologi progressive spider di driver-nya untuk menghasilkan suara bass yang linear, dinamis, serta serta presisi.

Midrange seperti halnya dengan woofer, dengan struktur serta teknologi yang sama seperti woofer-nya mampu menghasilkan kualitas suara yang halus dan realistis, meski berukuran 3,5 inci.

Kombinasi dengan teknologi paten Beryllium dan ‘M’ profile dome serta Tuned Mass Damper (TMD) surround pada tweeter menghasilkan frequency response serta dispersi lebih baik. karena, frequency response sangat linear, dan suara yang dihasilkan lebih realistis.

Subwoofer-nya juga memiliki kemiripan pada strukturnya, namun ditambah double voice coil dan neodymium motor lebih kuat untuk menghasilkan kualitas suara yang prima, meski berukuran 4,7 inci..

Untuk memaksimalkan kualitas suara dari speaker dan subwoofer Utopia M, Focal juga membuatkan gril khusus dengan bahan aluminium ring untuk kualitas suara yang seamless serta serba menyatu.

Focal membuat Utopia M dalam keadaan terpisah antara woofer, midrange, tweeter, dan subwoofer, sehingga lebih bisa mengikuti selera pelanggan atau kreativitas instalaturnya.

Bagi kawan SoundandMachine yang ingin merasakan kualitas suara Focal Utopia M atau tertarik dengan produknya, silahkan kunjungi gerai Sterindo Autosound di Jl. H. Nawi Raya No. 3E, Gandaria Selatan, Jakarta Selatan. (*)