Test Drive Toyota Kijang Innova Zenix: Tempuh Jarak Lebih dari 1.000 KM, Lintasi Rute Bervariasi

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 22/Des/2022 18:00 WIB
Media test drive jarak jauh Toyota Kijang Innova Zenix (sumber: Toyota) Media test drive jarak jauh Toyota Kijang Innova Zenix (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Semarang) - PT. Toyota-Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek (APM) Toyota, merilis MPV terbaru dengan nama legendaris di Indonesia, yaitu Toyota Kijang Innova Zenix, pada tanggal 21 November 2022.

Innova Zenix ber-platform Toyota New Global Architecture (TNGA) C seperti Toyota Voxy, yang membuat karakternya berbeda jauh dibanding generasi sebelumnya, dan juga untuk pertama kalinya dalam sejarah Kijang, tersedia varian elektrifikasi yaitu hybrid electric vehicle (HEV).

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

PT. TAM mengundang 64 media untuk merasakan langsung performa dan kenyamanan Kijang Innova Zenix yang terdiri dari varian non-hybrid dan hybrid, pada tanggal 19 hingga 21 Desember 2022, dengan jarak tempuh lebih dari 1.000 .

“Kebanyakan yang customer tahu itu tipe paling tinggi, Q Hybrid, tapi tipe V atau tipe G, informasinya masih kurang. Harapan saya, bagaimana supaya hybrid ini semakin memasyarakat sebagai pilihan produk elektrifikasi di Indonesia.” buka Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. TAM kepada SoundandMachine.com di restoran Tip Tap Toe, Semarang (20/12/2022).

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

TAM membagi dua batch dalam media test drive, dimana untuk batch 1 rutenya dari Jakarta ke Semarang, Jawa Tengah, via jalur darat untuk hari pertama. Kemudian di hari kedua rutenya dari Semarang ke Yogyakarta, sementara kembali ke Jakarta naik pesawat.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Untuk batch kedua, para awak media termasuk tim SoundandMachine, ke Yogyakarta naik pesawat, kemudian bergerak menuju restoran Tip Tap Toe sebagai titik start dan juga finish untuk awak media dari batch pertama. 

Etape pertama dari Yogyakarta ke Semarang melalui jalur pedesaan Kopeng, Jawa Tengah, dan singgah di rest area Jegur.

(sumber: Toyota)

Dengan rute tersebut, para awak media berkesempatan untuk merasakan kenyamanan Kijang Innova Zenix ketika melintasi area dengan medan kombinasi antara jalan liku-liku, tanjakan curam, jalan rusak atau tidak rata, hingga jalan tol untuk menuju ke Semarang.

(sumber: istimewa)

Berhubung melalui jalan tol, para awak media juga bisa merasakan salah satu fitur tercanggih Kijang Innova Zenix, khususnya untuk tipe Q Hybrid yang sudah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS).

Pasalnya, TSS membantu pengemudi mengontrol mobilnya selama berkendara di jalan tol, termasuk dalam kondisi darurat, dan itupun bekerja ketika berkendara di malam hari.

Selain itu, cabang dari TSS yaitu Adaptive Cruise Control juga membantu menjaga pengemudi menjaga kecepatan dan juga jalurnya selama berkendara di jalan tol.

Di hari kedua, dari Hotel Padma, Semarang, para awak media ke Jakarta dengan mengendarai Kijang Innova Zenix, dan berpindah ke varian hybrid atau non-hybrid di rest area KM. 260 B Banjaratma.

(sumber: Toyota)

Mayoritas rutenya melalui jalan tol, dan para awak media melewati jalan biasa menuju resttoran Mr. Owl di daerah Cirebon, Jawa Barat, untuk makan siang.

Dalam sesi tersebut, para awak media mendapat kesempatan untuk mengendarai Kijang Innova Zenix di jalan tol dalam waktu lama, baik mengemudi maupun menjadi penumpang.

Tiba di Jakarta sudah berada di jam sibuk, menjadi kesempatan bagi para awak media untuk mengendarai mobil tersebut ketika berada di tengah kemacetan.

Cilandak Town Square, yang merupakan tempat start untuk batch pertama, menjadi tempat finish bagi para awak media dari batch kedua. Jika diakumulasi dengan rute batch pertama dan kedua, unit tes Kijang Innova Zenix sudah menempuh jarak lebih dari 1.000 km. (Joule)