Andalkan Focal, Hasil Upgrade Audio Toyota Alphard Racikan Mega Agung Serasa Konser di Kabin

  • Oleh : redaksi

Selasa, 03/Janu/2023 14:00 WIB


 
Soundandmachine.com (Bogor) - Kali ini Sound and Machine akan me-review instalasi audio dari workshop Mega Agung Audio racikan Ali Santoro, sang installer sekaligus founder dari workshop yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat ini.  
 
Melirik Toyota Alphard generasi ke-2 ini tampilan luarnya tampak ‘humble’, begitu pula dengan penampakan di dalam kabin.  
 
Pria ramah ini menjelaskan, bahwa sang pemilik mobil mempercayakan instalasi audio di Mega Agung untuk tetap menjaga konsep mobil ini sebagai mobil keluarga.  
 
Permintaan pemilik mobil disebutnya, akomodasi di kabin termasuk leg room tidak boleh terhadang peranti audio apa pun. Pemilik mobil hanya mengijinkan satu box subwoofer di bagasi belakang.
 
Menerapkan system all-in, instalasi garapan Ali kali ini terdiri dari system 4-way di baris depan, 3-way di baris tengah dan 2-way real feel speaker di baris paling belakang. Semuanya menggunakan produk Focal buatan Perancis.  
 
Aplikasi custom pillar diterapkan karena mobil ini akan menganut system 4-way. Sedangkan untuk produk, mobil ini menggunakan Hi Res tweeter Focal Utopia seri BE WR-C.  
 
Untuk system 3-way dan subwoofer menggunakan Focal Utopia seri M-Line. Semakin istimewa karena produk Focal yang dipakai ini menggunakan material beryllium.
 
Ali menyebut, pemilik mobil ini memang seorang car audio enthusiast, sehingga tahu produk mana yang mempunyai karakter bagus. Sehingga untuk pilihan speaker, pemilik menginginkan semua produk Focal.  
 
Rumah speaker custom racikan Mega Agung ini dirancang tidak merusak panel interior aslinya, jadi sewaktu-waktu dapat dikembalikan seperti semula, menurutnya ini bisa sangat mudah dilakukan.
 
Sebagai pendukung, instalasi ini membutuhkan total 18 channel power. Setelah dipikirkan, peranti DSP (Digital Signal Processor) built-in power dipilih.  
 
Dimana per unitnya mencakup 10 channel dan menggunakan 2 unit DSP. Processor amplifier Helix V 8 dipilih karena dimensi produk yang kompak alias tidak besar, tapi memiliki watt yang cukup besar.  
 
Per channel-nya berdaya 80 watt, dikalikan 2 power dimana masing-masing power memiliki 10 channel. Tambahan power Mosconi One 4 channel yang diandalkan untuk men-drive subwoofer.
 
 Semuanya tertata rapih di balik bangku depan tanpa mengganggu fungsi mobil keluarga. Instalasi rapih ini cukup complicated, ditambah lagi permintaan pemilik menggunakan kabel yang bagus.
 
“Kabel yang bagus itu engga ada yang size-nya kecil,” ungkap Ali Santoro menyebut complicated semakin menjadi karena pintu penumpang Alphard model sliding door, dimana hal ini menambah kerumitan dalam pemasangan pilar untuk speaker.
 
Untuk urusan kabel, Ali menggunakan kabel premium dari Brimar dan Stinger, dimana kabel ini ada benefitnya.  
 
Yang utama adalah lifetime atau umur kabel yang Panjang, bahkan menurut Ali kabel bisa sampai dipindah ke mobil lain untuk instalasi lain dan tetap bisa berfungsi.  
 
“Equipment bisa berubah kalau bosan, tapi kabel tidak perlu ganti karena keunggulan tadi,” sebut pria yang dulunya berprofesi sebagai analis keuangan di perusahaan sigaret ini.
 
Keunggulan instalasi audio pada mobil ini yang kerap disebut Ali adalah kerapihan, dimana peletakan power dan processor tidak terlihat sama sekali. OEM Look.
 
Disebut Ali, output ini berkat system 2-way di baris belakang yang menambah ‘feel’ suara lebih improve. Vocal sangat jelas dan tentu saja tidak mengorbankan akomodasi dari mobil keluarga ini.
 
Upgrade audio Toyota Alphard racikan Mega Agung ini sudah ditayangkan di kanal YouTube Sound and Machine. Dimana hasil keluaran suaranya serasa mendengarkan konser di kabin.
 
Penasaran? Kawan sound and machine bisa kunjungi langsung Mega Agung Audio di Kawasan Bogor. Karena Om Ali sangat welcome untuk konsultasi dan siap menerapkan ilmunya beserta pengalamannya di dunia audio mobil.  
 
Boleh juga garapannya. (Febri)

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro