Sebelum Meninggal, Subaru Sempat Jadi Pilihan Ken Block untuk Berkiprah di Motorsport

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 03/Janu/2023 18:00 WIB
Ken Block di Subaru Motorsports USA (sumber: Subaru) Ken Block di Subaru Motorsports USA (sumber: Subaru)

SoundandMachine.com (Amerika Serikat) - Pereli asal Amerika Serikat Kenneth Paul Block atau Ken Block meninggal dunia di usia 55 tahun, karena kecelakaan saat mengendarai mobil salju di Utah, pada tanggal 2 Januari 2022.

Wafatnya Block sontak mengguncang para penggemar otomotif di seluruh dunia, karena kematian pereli yang viral dengan atraksi gymkhana di internet tersebut tergolong mendadak, tepatnya ketika kabar tersebut muncul di postingan Instagram,

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

“Dengan rasa duka kami yang sangat mendalam, kami mengkonfirmasi bahwa Ken Block telah meninggal dunia, dalam kecelakaan snowmobile hari ini.” Ken seorang visioner, pionir, ikon, dan terpenting adalah seorang ayah dan suami.” tulis Hoonigans dalam postingan feed akun Instagram-nya (2/1/2023).

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

(sumber: Vermont Sportscar)

Block memulai karir relinya pada tahun 2005, berawal dari keterampilan dalam mengemudi dan mengontrol mobil yang mengantarkannya menjadi Rookie of the Year dalam kejuaraan Rally America Championship, dengan Subaru Impreza WRX STI sebagai mobil pertama berkiprah.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Kemudian, Block tergabung dengan Subaru World Rally Team USA bersama Travis Pastrana, untuk bertanding di kejuaraan Rally America National Championship, dan X Games pada tahun 2006.

(sumber: Ken Block)

Block sempat menembus World Rally Championship (WRC) dengan Subaru di tahun 2007, tetapi di Group N dan hanya beberapa seri saja, yaitu New Zealand dan Mexico.

Sambil berkiprah di Rally America National Championship, Block juga berparisipasi di sebagian seri WRC untuk persiapan menuju kelas tertingginya, pada tahun 2008.

(sumber: Hoonigan)

Di tahun 2008 itu juga, Block yang juga co-founder brand sepatu DC Shoes, mulai berkiprah di dunia entertainment, meskipun tujuan awalnya adalah untuk branding brand sepatunya tersebut.

Bertajuk Ken Block Gymkhana Practice, video tersebut menjadi awal viralnya Block di dunia maya, dan sekarang menembus penonton lebih dari 16 juta dan 40.000 like sejak tayang di YouTube pada tahun 2008.

(sumber: Hoonigan)

Pada tahun 2009, Block mulai mendunia dengan Impreza WRX STI hatchback, setelah mendapat sorotan oleh salah satu media otomotif terbesar asal Inggris, Top Gear.

(sumber: Codemasters)

Selain itu, Impreza WRX STI hatchback tersebut juga menjadi cover untuk video game Colin McRae Dirt 2, meskipun pada waktu itu mantan pereli Colin McRae sudah meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter pada tahun 2007.

(sumber: Subaru)

Setelah 11 tahun berkiprah dengan brand otomotif lain, Block kembali reli dengan tim Subaru Motorsports USA team untuk bertanding di American Rally Association musim 2021, menggunakan WRX STI.

Melihat kiprah Block semasa hidupnya, Subaru sudah kedua kalinya mencetak ikon reli dunia yang kedua kalinya.

Pasalnya, selain Block, McRae juga memakai Subaru ketika karirnya di reli mulai melejit, tepatnya juara dunia pada tahun 1995, dan nama serta mobilnya dipakai dalam cover video game. (Joule)