Punya Peran Penting Pada Koneksi Perangkat Audio Mobil, Kenali Jenis dan Fungsi Kabel

  • Oleh : redaksi

Rabu, 04/Janu/2023 14:00 WIB


Soundandmachine.com (Bogor) – Dunia audio mobil jaman sekarang, semua perangkat sudah serba terkoneksi dengan mudah.  
 
Tanpa disadari, sebagai car audio enthusiast juga memerlukan koneksi antar perangkat yang baik. Peranti vital yang mendukung hal ini adalah kabel.  
 
Perangkat audio dari mulai amplifier hingga subwoofer baru bisa berfungsi dan terkoneksi dengan baik berkat peran kabel.  
 
Perannya sangat penting dalam menghantarkan signal suara sehingga kita bisa mendapatkan kualitas suara yang maksimal.  
 
Ali Santoro, instalatur dari Mega Agung Audio mengajak para penggemar audio untuk mengenali jenis-jenis kabel dan rekomendasinya.  
 
“Yang pertama adalah kabel speaker. Pernak-pernik yang satu ini tidak sembarangan,” jelas pemilik workshop yang berlokasi di Kota Bogor, Jawa Barat ini.  
 
Hal ini disampaikannya pada sesi #BelajarAudioMobil yang telah tayang pada kanal YouTube Sound and Machine channel.

Ali menjelaskan bahwa kabel speaker memiliki material cooper atau tembaga di dalamnya yang mempunyai grade level kualitas yang beragam.  
 
Menurutnya, produk kabel yang baik adalah yang oxygen free. Hal ini diperlukan agar kabel tidak mengalami korosi.
 
“Untuk membedakan kabel yang bagus dan tidak bagus caranya adalah dibakar. Kalo kabel tersebut dibakar dan bagian tembaganya utuh itu artinya tidak ada campuran macam-macam,” jelas Ali yang dulunya berprofesi sebagai analis keuangan ini.  
 
Menurutnya, jika kabel yang harganya murah kalau dibakar, material tembaganya tinggal sedikit, hal ini dikarenakan bahan tembaganya ada campuran material lain.  
 
Jenis kedua adalah kabel RCA. Kabel RCA di pasaran grade-nya dimulai dari yang harganya di bawah Rp 100 ribu per meternya, hingga jutaan rupiah, bahkan sampai puluhan juta rupiah per meter.  
 
“Untuk kabel RCA isu yang mungkin akan timbul adalah bukan soal korosi tapi soal distorsi, signal tidak bagus dan bisa storing,” tambahnya.
 
Ali menyebut, kualitas kemewahan sebuah instalasi audio bisa berubah signifikan dengan penggunaan kabel RCA yang bagus.
 
Ketiga yang akan dibahas disini adalah kabel setrum. Jenis kabel setrum terdiri dari 0 AWG, 4 AWG, dan 8 AWG perbedaan ada pada diameter kabel. Semua tergantung dari beban watt instalasi audio.
 
Penggunaan tipe kabel setrum harus sesuai dengan spek perangkat audio dan beban watt. Hal ini berkaitan dengan keamanan, alias jangan sampai terbakar.  
 
Pria yang gerainya kerap menjadi langganan Sultan Bogor ini membeberkan bahwa standarisasi harus sesuai internasional yang sering disampaikan dalam judge training kepada banyak installer audio.  
 
Beberapa contoh rumusan di audio mobil tentang spek internasional yang disebutkan diatas adalah sebagai berikut:
Kabel setrum 8 AWG untuk 50 ampere
Kabel setrum 4 AWG untuk 100 ampere
Kabel setrum 0 AWG untuk 150 ampere
 
Jenis keempat yang masih masuk dalam kategori pernak-pernik audio adalah Fuse/sekring. Ali memberikan contoh fuse yang mengandung bahan rodium, dimana fuse dengan spek yang tinggi ini dapat menghasilkan grafik listrik yang tinggi.  
 
Pentingnya sebuah fuse adalah memutus aliran listrik jika terjadi kesalahan pada arus. Jika tidak putus arus listriknya, kabel bisa memanas dan pada akhirnya bisa terbakar.  
 
Tentu saja kawan Sound and Machine perlu memperhatikan tipe fuse yang akan digunakan, dimana harus sesuai dengan spek perangkat audio yang digunakan.
 
Jadi, kawan Sound and Machine jangan sampai salah pilih kabel ya! (Febri)

Baca Juga:
Speknya Kompetitif, Dominations Audio Luncurkan Power Supply dan Amplifier Terbaru