Lebih Minim Suara Bising, Upgrade Audio di Mobil Listrik Ternyata Ada Tantangannya

  • Oleh : redaksi

Sabtu, 14/Janu/2023 12:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – Sudah menjadi pengetahuan bagi masyarakat umum, bahwa mobil listrik sejatinya tidak mengeluarkan suara mesin seperti mobil konvensional.  
 
Tentu ini merupakan sebuah benefit untuk instalasi audio pada mobil listrik. Lantas, apakah artinya instalasi audio akan lebih baik jika dipasang di mobil listrik?
 
Untuk tingkat kebisingan, mobil listrik sudah tentu lebih baik daripada mobil bensin. Hal ini disebabkan tidak adanya suara bising mesin pada EV.
 
Artinya, pengaruh untuk sound dengan suara rendah pun, masih bisa terdengar detail dengan baik. Meski lebih minim suara bising, upgrade audio di mobil listrik ternyata ada tantangannya.
 
Hal ini kami konfirmasikan kepada Eddie Soesanto dari Cartens Audio Jakarta Selatan, yang telah berpengalaman menginstalasi perangkat audio high-end pada sejumlah mobil listrik.  
 
Hal ini disampaikannya pada segmen video #BelajarAudioMobil tentang upgrade audio di mobil listrik pada kanal YouTube : Sound and Machine channel yang telah tayang, beberapa waktu lalu. 
 
Tercatat, Eddie yang sudah buka gerai sejak tahun 2002 ini sudah pernah menangani project beragam merek mobil listrik, dari mulai Hyundai Kona EV, Ioniq, Ioniq 5 hingga Tesla sekalipun.
 
Eddie menyebut, pada instalasi audio di mobil listrik untuk tidak melupakan suara yang dihasilkan AC dan road noice dari luar kabin. Walaupun minim, ini juga masuk kategori kebisingan.
 
“Untuk mobil bensin kebisingan mencapai 60db sedangkan mobil listrik hanya 40db. Hal ini adalah ‘gap’ yang sangat signifikan untuk tingkat kebisingan,” ungkap pria yang hobi bersepeda ini.
 
Edi menjelaskan bahwa dengan kesunyian pada mobil listrik bukan berarti instalasi audio tanpa tantangan.  
 
Namun menurutnya, tantangan dapat diatasi dengan pengaplikasian berbagai perangkat dan bagaimana tuner dapat memaksimalkan benefit kesunyian kabin mobil listrik.
 
Salah satunya, aplikasi peranti peredam mobil yang sudah banyak dijual di pasaran yang punya bahan berkualitas.
 
Diantaranya merek Z3RO, SmartPlast dan Vibrofiltr yang memiliki material butylrubber setara food grade.  
 
Sehingga aman dalam pemakaiannya di mobil, dalam arti tidak menimbulkan bau dan tidak mengandung bahan beracun.
 
Jadi suatu edukasi tersendiri bagi para pemilik mobil listrik dan jadi tantangan bagi para instalatur audio mobil.
 
Boleh dibuktikan, nih! (Febri)

Baca Juga:
Andalkan Produk Focal, Mega Audio Borong Piala di Final Kompetisi MSF Musim 2023-2024