Tantangan Upgrade Sistem Audio di Mobil Listrik, Bukan Tanpa Kendala Minim Berisik

  • Oleh : redaksi

Minggu, 15/Janu/2023 18:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) – Teknologi pada kendaraan elektrifikasi memang tidak menghasilkan suara mesin. Namun, tantangan upgrade sistem audio di mobil listrik bukan tanpa kendala minim berisik.  
 
Perlu diingat, bahwa suara AC dan road noice dari luar kabin mampu memberikan kebisingan yang cukup untuk mengganggu kualitas suara mencapai tingkat yang maksimal.
 
Lalu, apa solusi yang dapat diterapkan untuk kebisingan tersebut? Kepada Sound and Machine, Eddie Soesanto dari Cartens Audio Jakarta menceritakan pengalamannya menginstalasi audio pada EV.  
 
Pria yang berkiprah sejak tahun 2022 ini menyebut ada tantangan sekaligus benefit yang didapat dari fakta bahwa EV tidak mengeluarkan suara mesin.
 
“Untuk mobil bensin kebisingan mencapai 60db sedangkan EV hanya 40db. Hal ini adalah gap yang sangat signifikan untuk tingkat kebisingan,” ungkap Eddie.  
 
Hal ini disampaikannya pada segmen video #BelajarAudioMobil tentang upgrade audio di mobil listrik pada kanal YouTube : Sound and Machine channel.
 
Ditegaskannya, suara yang dihasilkan bersumber dari AC dan road noice dari luar kabin. Eddie menyebut peredam adalah solusi simpel namun efektif untuk mendapatkan setting-an audio dengan kualitas yang maksimal.
 
“Untuk urusan peredaman, mobil listrik pun wajib memakai peredam,” jelas pria yang buka gerai di kawasan Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan.  
 
Perlu diingat juga bahwa ada suara AC di bagian kabin depan, dimana biasanya penikmat audio pasti ada yang duduk di depan untuk berkendara.  
 
Walaupun minim, kinerja AC sudah tentu menghasilkan suara. Disini adalah peran peredam untuk meratakan vibrasi maupun suara dari luar dan dalam mobil.
 
Peredam sudah tentu menjadi solusi simpel karena mudah didapat. Pemasangan perangkat yang satu ini juga menjadi perangkat dasar yang paling mudah diaplikasikan.
 
Walaupun demikian, hal ini sering  diabaikan oleh konsumen. Instalatur audio mobil yang baik tentu saja akan menyarankan dasar dari instalasi audio sebuah mobil adalah peredam.  
 
Fakta yang sering kami temui di banyak gerai, beberapa konsumen mengaku kaget dengan perbedaan yang didapatkan begitu memakai peredam.  
 
Jadi sebaiknya, lengkapi mobil listrik dengan peranti peredam untuk mendapatkan tingkat kualitas dan kepuasan yang maksimal pada kualitas audionya.
 
Apalagi saat ini di pasaran, sudah banyak dijual peranti peredam mobil yang punya bahan berkualitas. Diantaranya merek Z3RO, SmartPlast dan Vibrofiltr yang memiliki material butylrubber setara food grade.  
 
Sehingga aman dalam pemakaiannya di mobil, dalam arti tidak menimbulkan bau dan tidak mengandung bahan beracun.
 
Musti dicoba dan dirasakan langsung, nih. (Febri)

Baca Juga:
Speknya Kompetitif, Dominations Audio Luncurkan Power Supply dan Amplifier Terbaru