Toyota Bawa Modifikasi Sprinter Trueno Hidrogen dan Corolla Levin Elektrik di Tokyo Auto Salon 2023

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 17/Janu/2023 08:00 WIB
Ragam opsi bebas karbon yang dihadirkan oleh Toyota melalui mobil modifikasi AE86-nya, Corolla Levin motor listrik (kiri) dan Sprinter Trueno mesin hidrogen (kanan) (sumber: Toyota) Ragam opsi bebas karbon yang dihadirkan oleh Toyota melalui mobil modifikasi AE86-nya, Corolla Levin motor listrik (kiri) dan Sprinter Trueno mesin hidrogen (kanan) (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jepang) - Toyota Motor Corporation memanfaatkan betul perhelatan Tokyo Auto Salon 2023, sebagai ajang untuk menghadirkan sejumlah opsi mobilitas yang ramah lingkungan karena bebas karbon, melalui mobil modifikasi.

Menariknya, bukan hanya mobil terbaru atau konsep, Toyota juga melibatkan lini terdahulunya yang sudah lama tidak diproduksi, untuk dimodifikasi menjadi kendaraan bebas karbon.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

“Tantangannya adalah lanjut mengendarai mobil tercinta kita, bahkan di zaman netral karbon. Beberapa pabrikan menargetkan tahun 2030-2040 beralih ke mobil listrik. Padahal kenyataannya kita tidak bisa mencapainya di tahun 2050 hanya dengan membuat semua penjualan mobil baru menjadi mobil listrik.” buka Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation dalam keterangan resminya (13/1/2023).

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

(sumber: Toyota)

Pertama, Toyota menghadirkan dua unit AE86, yang terdiri dari Sprinter Trueno bermesin hidrogen dan Corolla Levin bermotor listrik, hasil garapan divisi motorsportnya, yaitu Toyota Gazoo Racing.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

(sumber: Toyota)

Mesin 4A-GE bawaan Sprinter Trueno dipertahankan, tetapi konversi bahan bakar dari bensin menjadi hidrogen. Oleh karena itu, Toyota Gazoo Racing memodifikasi injektor, pipa bahan bakar, dan busi, serta penambahan 2 tangki bahan bakar Toyota Mirai di belakang.

(sumber: Toyota)

Kemudian untuk Corolla Levin, Toyota Gazoo Racing menggunakan teknologi mobil listrik Lexus, tetapi benar-benar mengacu pada potensi bodi AE86 yang ringan dan distribusi bobot seimbang antara depan dan belakang.

Meski berteknologi Lexus, komponen elektrifikasinya berasai dari mobil produksi massalnya, seperti motor listrik Toyota Tundra, baterai Toyota Prius PHEV, dan sebagainya. Menariknya, AE86 tersebut bertransmisi manual, untuk rasa berkendara lebih baik dari standarnya.

(sumber: Toyota)

Selain AE86, Toyota Motor Corporation juga menampilkan SUV listrik yang sudah dimodifikasi, yaitu Lexus RZ Sport Concept.

Modifikasi tersebut memiliki konsep menambah kesenangan memiliki mobil listrik, mulai dari kustomisasi hingga mengendarainya. 

Artinya, RZ Sport Concept bukan hanya tampil lebih gaya, tetapi juga lebih menyenangkan untuk dikendarai, dengan full bucket seat, suspensi lebih ceper 35 mm, dan ban 295/35R21 yang membalut pelek Volk Racing GT090.

Dengan menghadirkan mobil seperti ini di Tokyo Auto Salon 2023, Toyota benar-benar merangkul berbagai pecinta otomotif, terutama kalau soal masa depan. (Joule)