Awal Dari Teknologi Revolusioner, Honda Hadirkan Civic Generasi Pertama di Dreams Cafe Senayan Park

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 22/Janu/2023 16:00 WIB
Honda Civic generasi pertama di kafe Honda Dreams Cafe, Senayan Park, Jakarta. Honda Civic generasi pertama di kafe Honda Dreams Cafe, Senayan Park, Jakarta.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek (APM) mobil Honda di Indonesia, menghadirkan Dreams Cafe yang menghadirkan unit display untuk menunjukkan sebagian portfolionya selama berkiprah di industri otomotif.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Kafe di Senayan Park, Jakarta tersebut menghadirkan mobil yang berbeda sekitar setiap bulannya, dan itu bukan hanya mobil terbaru atau keluaran APM saja.

Untuk tanggal 15 Januari hingga 19 Februari 2023 ini misalnya, Dreams Cafe menghadirkan salah satu produk legendarisnya, yaitu Honda Civic generasi pertama, yang beredar pada tahun 1972 hingga 1979 di Jepang.

Baca Juga:
Layani Pelanggan di Momen Libur Lebaran 2024, Honda Buka Posko dan Dealer Siaga 24 Jam

“Pada tahun 1976, Honda Civic generasi pertama mulai dijual di Indonesia dan telah memiliki pengguna yang sangat loyal.” tulis HPM dalam keterangan resminya (18/1/2023).

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

Sejak generasi pertama, Civic sudah menghadirkan sejumlah aspek revolusioner, dalam arti beberapa tahun setelahnya akan diaplikasikan oleh Honda dan juga pabrikan otomotif ternama lainnya, mulai dari penggerak front wheel drive.

Civic generasi pertama menggunakan mesin berkapasitas 1.200 cc, dengan 4-silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 50 hp. 

Menariknya, mesin tersebut bukan hanya disalurkan oleh transmisi manual 4-percepatan, tetapi juga otomatis 2-percepatan, dan menjadi salah satu Honda pertama dengan transmisi tersebut.

Pada tahun 1974, Civic menembus pasar Amerika Serikat, dengan mesin Compound Vortex Controlled Combustion (CVCC) yang lebih bertenaga 2 hp dan ramah lingkungan, karena lebih rendah emisi gas buang dan hemat bahan bakar. 

Selain itu, Civic generasi pertama juga sudah dilengkapi dengan rem cakram depan dan wiper belakang.

Fakta menarik lainnya dari Civic generasi ini adalah, lini pertama dengan emblem Road Sailing (RS) pada tahun 1974, dengan performa lebih tinggi dari semua varian Civic generasi pertama lainnya.

Pasalnya, Civic RS menggunakan mesin 1.200 cc bertenaga 76 PS, yang disalurkan oleh transmisi manual 5-percepatan.

Sekarang, Civic sudah berada di generasi ke-11, dan pada tahun 2022 lalu merayakan 50 tahun eksistensinya sebagai model global Honda. Sepanjang tahun 2022 lalu, Civic telah mengumpulkan penjualan retail sebanyak 630 unit di Indonesia. (Joule)