Sebagai Bentuk Apresiasi, Toyota Gazoo Racing Akan Rilis GR Yaris Edisi Peraih Juara Dunia WRC

  • Oleh : Julfikri

Senin, 23/Janu/2023 10:00 WIB
Toyota akan rilis GR Yaris edisi peraih juara dunia WRC 2021 Sebastien Ogier dan peraih juara dunia WRC 2022 Kalle Rovanpera. (sumber: Toyota Gazoo Racing) Toyota akan rilis GR Yaris edisi peraih juara dunia WRC 2021 Sebastien Ogier dan peraih juara dunia WRC 2022 Kalle Rovanpera. (sumber: Toyota Gazoo Racing)

SoundandMachine.com (Jepang) - Toyota, melalui divisi motorsport Toyota Gazoo Racing mengapresiasi pereli yang mengharumkan brand-nya di ajang World Rally Championship (WRC), yaitu Sebastien Ogier peraih juara dunia tahun 2021, dan Kalle Rovanpera peraih juara dunia tahun 2022.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

Toyota GR Yaris Sebastien Ogier edition (kiri) dan Kalle Rovanpera edition (kanan) (sumber: Toyota Gazoo Racing)

Sebagai bentuk apresiasi, Toyota Gazoo Racing menghadirkan sports hatchback GR Yaris RZ “High Performance”, yang mengemban dua pereli tersebut, dalam perhelatan Tokyo Auto Salon pada tanggal 13-15 Januari 2023 silam.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Namun bukan sekedar nama pereli, tetapi juga menghadirkan sentuhan berdasarkan input dari masing-masing pereli tersebut.

“Untuk memperingati kemenangan gelar pembalap mereka, kami menggabungkan preferensi dan ide mereka, dan menciptakan mobil bersama.” buka Koji Sato, President Toyota Gazoo Racing dalam keterangan resminya (13/1/2023). 

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Toyota GR Yaris Sebastien Ogier edition (sumber: Toyota Gazoo Racing)

Pertama dari GR Yaris “High Performance” Sebastien Ogier Edition, yang memiliki warna eksklusif, decal WRC champion dengan tanda tangan pereli, dekorasi pelek, dan kaliper GR berwarna biru.

Toyota GR Yaris Kalle Rovanpera edition (sumber: Toyota Gazoo Racing)

Sementara GR Yaris “High Performance” Kalle Rovanpera Edition, juga memiliki warna eksklusif, decal WRC champion dengan tanda tangan pereli, dekorasi pelek, kaliper GR berwarna merah, dan rear wing serta aerodynamic performance parts.

Kemudian di sektor interior, hanya dibedakan oleh warna jahitan di atas material soft touch dan tanda tangan pereli di WRC plate. 

Interior Toyota GR Yaris Sebastien Ogier edition (sumber: Toyota Gazoo Racing)

Sebastien Ogier Edition setirnya memiliki jahitan berwarna biru, putih, dan merah, sementara Kalle Rovanpera edition setirnya memiliki jahitan berwarna biru dan silver, mengikuti warna bendera kewarganegaraan masing-masing pereli.

Toyota GR Yaris Kalle Rovanpera edition (sumber: Toyota Gazoo Racing)

Untuk Kalle Rovanpera edition, warna jahitan tersebut selain di setir juga ada di material soft touch pada shift boot, pedal rem tangan, dan jok.

Masing-masing mobil memiliki peningkatan torsi mesin bawaan G16E-GTS, yaitu dari 370 Nm menjadi 390 Nm, dan 4WD mode select switch dengan control exclusive dari masing-masing pereli.

Menariknya, pelanggan yang membeli mobil tersebut berkesempatan untuk bertemu langsung dengan pereli Sebastien Ogier atau Kalle Rovanpera, berdasarkan edisi yang dibelinya.

“Kami berharap pelanggan yang membeli model ini akan menjadi mitra kami dalam berkompetisi di WRC. Secara spesifik, kami sedang mempertimbangkan untuk menempatkan beberapa contoh pada mobil balap WRC dan menawarkan pengalaman khusus lainnya.” jelas Sato.

Toyota Gazoo Racing masih belum mengumumkan perilisan mobil dan harga jualnya, begitu juga marketnya apakah hanya di Jepang saja atau juga berlaku di luar Jepang. Berminat? (Joule)