Jadi Referensi Upgrade Audio Proper, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid ini Terapkan Sistem 3-Way

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 22/Janu/2023 12:00 WIB
Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang sudah upgrade audio 3-way oleh instalatur Cartens Audio. Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang sudah upgrade audio 3-way oleh instalatur Cartens Audio.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Toyota Kijang Innova Zenix, yang dirilis pada tahun 2022 silam, hadir dengan konsep berubah total dibanding generasi sebelumnya, yaitu Toyota Kijang Innova ‘Reborn’. 

Baca Juga:
Instalasi Multifungsi, BestBuddyShop Upgrade Audio Toyota Land Cruiser Full Alpine F1 Status

Pasalnya, Kijang Innova Zenix bukan hanya mengusung platform TNGA-C seperti saudaranya Toyota Voxy, tetapi juga untuk pertama kalinya tersedia varian mesin hybrid yang menggantikan varian mesin Diesel, dan diperkirakan akan memiliki banyak peminat.

Meski hybrid masih tergolong baru terutama untuk sebuah Kijang Innova, ternyata tidak menyurutkan para pecinta modifikasi untuk langsung upgrade car audio. 

Baca Juga:
OEM-nya Unik, Speaker 2-Way Hertz K 130 Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro Mercedes 280 GE

Salah satunya pelanggan Cartens Audio, dimana akhir-akhir ini banyak yang menyerahkan Kijang Innova Zenix hybrid miliknya untuk upgrade car audio.

“Sebelumnya pernah ada (Corolla) Cross, kita sempat upgrade, katanya pemakaian ampere-nya gak boleh lebih dari 45. Jadi bisa shutdown mesinnya. Untuk hybrid ini proyek yang kedua, pertama kita sudah tes, pemakaian ampere gak ada masalah.” buka Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Audio kepada SoundandMachine.com di gerainya (20/1/2023).

Baca Juga:
Kecil-Kecil Cabe Rawit, Midrange Audison AP 2 Pas untuk Suara Lebih Detail di Kabin Belakang

Tidak tanggung-tanggung, pelanggan tersebut langsung upgrade car audio dengan konsep sound quality dengan sistem 3-way custom pilar A, dan 2-way untuk penumpang belakang.

Adapun perangkat audio yang dipakai di Kijang Innova Zenix tersebut yaitu speaker Focal PS 165F3 (depan) dan PS 165 FSE (belakang), Subwoofer Ground Zero Titanium, Amplifier dan Power Crescendo, Digital Signal Processor Alpine X–850S, Head Unit Alpine UTX-M08S, kabel Harmonic Harmony, Digital Audio Player Firo, dan peredam Silent Coat.

“Untuk Innova Zenix ini, head unit gak bisa ganti, setelah kita cek ada setingan radar (Toyota Safety Sense), alarm, ada 360-nya.” tambah Eddie.

Namun untuk Kijang Innova Zenix hybrid bukan hanya head unit saja yang menjadi perhatian, tetapi juga penempatan peranti pendukung upgrade car audio, mengingat baterai untuk sistem hybrid-nya berukuran besar dan berada di bawah jok depan.

Alhasil, untuk proyek Kijang Innova Zenix, semua perantinya ditempatkan di bagasi, tanpa mengorbankan banyak ruang.

“Di bawah jok (depan) bisa, cuma gak bisa gede-gede. Kita hindari karena takutnya ada storing. Baterai kan elektriknya gede tuh, takutnya nanti ganggu sinyal frekuensi car audio. Prinsip kita pasang audio, jauhkan urusan signal sama urusan power supply.” jelas Eddie.

Terlepas dari segala persoalan karena sistem hybrid-nya, Kijang Innova Zenix tetap potensial untuk upgrade car audio, meski di level sound quality lebih tinggi sekalipun. (Joule)