Speaker Focal Flax Series, Bikin Kualitas Audio di Toyota Kijang Innova Zenix Jadi Lebih Natural

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 24/Janu/2023 12:00 WIB
Upgrade audio 3-way Focal Flax di Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid garapan gerai Cartens Audio. Upgrade audio 3-way Focal Flax di Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid garapan gerai Cartens Audio.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Focal merupakan salah satu brand speaker yang menjadi pilihan para antusias modifikasi car audio, salah satunya karena berkualitas tinggi tetapi banyak pilihan dengan karakter suara berbeda di masing-masing produk.

Pasalnya, Focal memiliki speaker dengan karakteristik suara yang berbeda antara detail, natural, hingga powerful, sehingga lebih bisa mengikuti selera pelanggan.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Salah satu pelanggan gerai Cartens Autosound menginginkan suara yang lebih natural untuk upgrade car audio Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, dan Focal Flax Series menjadi pilihan tepat.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

“Mau yang detail bagus pakai Utopia, mau yang lebih natural pakai Flax, mau lebih powerful pakai Elite.” buka Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Audio kepada SoundandMachine.com di gerainya (20/1/2023).

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Focal Flax Series dirancang untuk suara audio lebih natural, dari konus yang terbuat dari material flax fiber dengan dua lapisan tipis fiberglass, dengan teknologi pembuatan Flax Sandwich Cone. 

Material flax fiber-nya memenuhi 3 kriteria penting untuk speaker performa tinggi, karena lapisannya berongga yang membuatnya ringan namun memiliki elastisitas rendah, dan memiliki performa internal damping setara kevlar atau aluminium.

Speaker Focal Flax Series yang dipasang di Kijang Innova Zenix Hybrid berkelir silver metalik tersebut antara lain PS 165 F3E untuk pengemudi dan penumpang depan, dan PS 165 FSE untuk penumpang belakang.

Speaker 3-way PS 165 F3E memiliki power handling besar dengan max power 160 W dan nominal power 80 W RMS, suara bass sangat dalam, berukuran kompak, dan memiliki diffusion angle lebar, untuk memanjakan pengemudi dan penumpang depan.

Sementara speaker 2-way PS 165 FSE memiliki sensitivity tinggi yaitu 90,5 dB, dan diffusion angle lebar, agar penumpang belakang bisa menikmati suara lebih natural yang dihasilkan dari output rear seat entertainment bawaan pabrik. 

Untuk instalasi, setidaknya Cartens Autosound hanya perlu custom dudukan untuk tweeter dan midrange-nya saja, sementara woofer masih bisa dipasang mengikuti bentuk door trim OEM Kijang Innova Zenix, berkat ukurannya yang 6,5 inci.

Dengan demikian, Focal Flax Series bukan hanya memiliki performa tinggi untuk karakter suara lebih natural, tetapi juga relatif mudah dipasang di Kijang Innova Zenix, karena ukuran kompaknya. (Joule)