Inovasi Cartens Autosound: Upgrade Audio 3-Way di Jok Baris Kedua Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 01/Feb/2023 12:00 WIB
Upgrade car audio Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid garapan Cartens Audio yang fokus pada penumpang belakang. Upgrade car audio Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid garapan Cartens Audio yang fokus pada penumpang belakang.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Pembaruan Toyota Kijang Innova Zenix bukan hanya dirasakan oleh pengemudi, tetapi juga penumpang melalui platform baru dan fitur yang ada untuk penumpang belakang, terutama baris kedua.

Pasalnya, Kijang Innova Zenix mengusung platform TNGA-C seperti Toyota Voxy, dan jok belakang model captain seat serta rear seat entertainment, yang membuat penumpang belakang lebih nyaman sepanjang perjalanan.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Potensi seperti ini dimanfaatkan oleh salah satu pemilik menyerahkan Kijang Innova Zenix Hybrid tipe Q kepada gerai Cartens Autosound di daerah Jakarta Selatan, untuk upgrade audio 3-way yang lebih fokus pada penumpang belakang.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

“Klien banyak duduk di belakang. Basically dia gak bakal nyetir sendiri, jadi udah benar-benar fokus ke tengah.” buka Eddie Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com  di gerainya (27/1/2023).

Oleh karena itu, Kijang Innova Zenix Hybrid tersebut dipasangkan speaker Focal ES 165 KX3 untuk kabin baris kedua, dan Focal Flax Evo PS 165 F3 untuk baris pertama. Secara produk, ES 165 KX3 kelasnya lebih tinggi dari PS 165 F3.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

“Kualitas speaker-nya beda, yang depan lebih natural, yang belakang lebih powerful dan dinamis, lebih detail. Kita taruh belakang, yang depan buat ambience front sama rear, biar suaranya penuh, gak ada kesan ruang kosong.” tambah Eddie.

Agar lebih detail, Cartens turut memasangkan Ground Zero Uranium full-range, menjadi speaker satellite untuk surround-nya. 

Selain speaker, Kijang Innova Zenix Hybrid tersebut turut terpasang subwoofer Hertz Mille Pro 10 inci yang notabene salah satu produk terbaru. Bagi Cartens, memasang subwoofer Hertz ke mobil pelanggan merupakan hal yang jarang dilakukan.

“Kalau lihat konturnya harusnya powerful, gesit, bass-nya padat, desain bodinya kokoh dengan magnet model neodymium tipis. Jadi bisa buat lokasi yang ruangannya sempit.” jelas Eddie.

Tak ketinggalan, audio tersebut juga turut dipasangkan sejumlah peranti pendukung, yang terdiri dari digital signal processor (DSP), power, amplifier, kabel, dan peredam.

Adapun produk yang dipakai antara lain DSP Alpine PXE-X800, amplifier Crescendo Evolution 7 A6, monoblock Ground Zero Uranium, kabel Inakustik, dan peredam Silent Coat.

Upgrade seperti ini jelas bisa menjadi referensi bagi pemilik Kijang Innova Zenix Hybrid tipe Q yang kesehariannya disupiri, tetapi ingin menikmati suara setelah upgrade audio 3-way meski rear seat entertainment tetap standar. Inspiratif! (Joule)