Dimensinya Ringkas, Subwoofer Hertz MPS 250 S4 Jadi Solusi Upgrade Suara Bass di Ruang Terbatas

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 02/Feb/2023 12:00 WIB
Subwoofer terbaru Hertz MPS 250 S4 10 inci di Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid garapan Cartens Audio. Subwoofer terbaru Hertz MPS 250 S4 10 inci di Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid garapan Cartens Audio.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Sehebat apapun produk atau sistem speaker-nya, memasang subwoofer sudah menjadi satu kebutuhan bagi para pecinta modifikasi car audio, untuk mendapatkan suara bas lebih mumpuni.

Namun di sisi lain, terkadang orang berpikir bagaimana memasang subwoofer tanpa mengorbankan banyak ruang bagasi. Oleh karena itu, dibutuhkan subwoofer yang bisa menghasilkan suara bas lebih padat, namun tidak memakan banyak ruang.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

(sumber: Hertz)

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Salah satu jawabannya adalah produk subwoofer terbaru Hertz, yaitu Mille Pro Shallow (MPS) 250, dengan ukuran 10 inci tetapi memiliki struktur yang ramping.

“Kalau lihat konturnya harusnya powerful, gesit, bass-nya padat, desain bodinya kokoh dengan magnet model neodymium tipis.” buka Eddie Soesanto, Instalatur gerai Cartens Audio selaku dealer resmi Hertz kepada SoundandMachine.com di gerainya (27/1/2023).

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Meski subwoofer pasif, MPS 250 S4 sudah dirancang optimal untuk pemasangan yang relatif tertutup, mulai dari ukuran 14 Lt. Salah satu contohnya adalah penutup subwoofer di bawah bangku belakang pikap, yang memiliki kedalaman dan ketinggian yang relatif terbatas.

Selain itu, subwoofer Mille Pro memiliki rasio kedalaman/performa yang belum pernah dicapai sebelumnya, berkat kapasitas ekskursi cone 20% lebih tinggi dari desain tradisional.

(sumber: Hertz)

MPS 250 S4 juga memiliki desain suspensi dengan struktur pendukung khusus untuk spider dan koil, yang membuatnya mampu memindahkan kumpulan magnet ke dalam, mengurangi kedalaman, dan memaksimalkan ekskursi linier kerucut di saat bersamaan.

Tak ketinggalan, MPS 250 S4 juga dilengkapi Teknologi Air Intercooling Revolution (AIR), yang mengoptimalkan aliran udara di dalam ruang dalam voice coil, dan grup magnetik untuk meminimalkan kompresi udara internal serta memaksimalkan kapasitas pendinginan.

Gerai Cartens Audio pernah memasang Mille MPS 250 S4 di Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid milik pelanggannya, dengan instalasi yang dilengkapi penutup untuk menjaga fungsi bagasi, sekaligus melindungi subwoofer ketika sedang difungsikan untuk membawa barang.

“Jadi bisa buat lokasi yang ruangannya sempit.” tambah Eddie.

Selain itu, subwoofer MPS 250 S4 di Kijang Innova Zenix Hybrid garapan Cartens Audio juga dipadukan dengan speaker 3-way untuk kabin depan dan belakang untuk surround system 14 speaker dan 1 subwoofer (14.1).

Artinya, MPS 250 S4 bukan hanya menjadi solusi atas keterbatasan ruang, tetapi juga pas untuk upgrade audio dengan spesifikasi high end seperti surround system 14.1. (Joule)