Modifikasi Nissan 180SX Stancelab x Peredam Z3RO dan ALPINE Tampil di The Elite Showcase 2023

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 09/Feb/2023 16:00 WIB
Stancelab berkolaborasi dengan peredam Z3RO Solutions dan audio Alpine untuk proyek mobil Nissan 180SX (kiri) eks-drifting di The Elite Showcase 2023. Stancelab berkolaborasi dengan peredam Z3RO Solutions dan audio Alpine untuk proyek mobil Nissan 180SX (kiri) eks-drifting di The Elite Showcase 2023.

SoundandMachine.com (Tangerang) - Gerai modifikasi Stancelab berkolaborasi dengan brand audio Alpine dan metodologi peredam kabin kendaraan Z3RO Solutions, dalam proyek konversi sportscar Nissan 180SX eks-motorsport.

Hasil kolaborasi proyek sportscar bernama ‘Banana’ tersebut ditampilkan di booth Stancelab dalam perhelatan The Elite Showcase, yang diadakan pada tanggal 4-5 Februari 2023 silam di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang.

Baca Juga:
Speknya Kompetitif, Dominations Audio Luncurkan Power Supply dan Amplifier Terbaru

“Jadi si ‘Banana’ adalah mobil balap, awalnya yang berencana mau kembali ke jalan.” buka Lucky Reza, Pendiri Stancelab kepada SoundandMachine.com melalui WhatsApp (2/2/2023).

Baca Juga:
Gerai Audio Mobil Bestbuddyshop Sunter Rayakan Raihan Champions of Champion PAHAMI 2024

Sebelum dikonversi ke mobil jalanan, 180SX tersebut awalnya berspesifikasi motorsport tepatnya drifting, yang sudah malang melintang di berbagai kejuaraan.

Namun memungkinkan dipakai di jalan saja tidak cukup, karena harus nyaman sepanjang perjalanan dengan sportscar-nya tersebut.

Baca Juga:
Pakai Produk Audison, Toyota Fortuner Ini Konsisten Upgrade Audio dari Simpel Sampai High End

Oleh karena itu sebagai langkah pertama, dibutuhkan komponen peredam untuk kenyamanan, sekaligus kualitas suara audio, dan peredam yang dipakai yaitu Z3RO Solutions.

“Creature comfort itu penting untuk street car, jadi elemen audio sama peredam itu diperlukan kembali. Mobil ini dulu semua komponen peredamnya diangkat, jadi suara knalpot dan di luar mengganggu ketika berjalan.” jelas Lucky.

Peredam tersebut terpasang di sekujur bodi, dengan ketebalan sebesar 2 mm yang mampu meredam suara, getar, dan panas, tetapi berbobot ringan sehingga tetap kapabel apabila 180SX tersebut ingin dipakai drifting. 

Dengan peredam seperti ini juga tentunya sudah siap untuk pemasangan sistem audio dengan spesifikasi tinggi. Adapun komponen yang dipakai antara lain speaker, subwoofer, amplifier, dan head unit, semuanya produk Alpine.

“Alpine ini memang ‘JDM’ banget. Di zamannya ini head unit yang dicari-cari.” kata Lucky.

Audio system tersebut bersistem Sound Quality Loud, dan produk Alpine yang dipakai antara lain speaker 2-way DP-65C, 2 buah subwoofer bass-tube SWT-S10,  2 buah amplifier 4-channel RA60F, dan head unit UTX-M06.

“Lucunya UTX-M06 bentuknya masih tombol kotak-kotak seperti di zaman 90’s tapi udah Bluetooth. Jadi mobilnya gak cuma menghibur di mata, di telinga juga maksimal.” ungkap Lucky.

Proyek mobil tersebut sebetulnya belum 100% selesai dalam arti, masih ada yang perlu ditambahkan lagi agar terlihat lebih proper. Setidaknya dengan tampil seperti ini di The Elite Showcase 2023, jadi menginspirasi pengunjung untuk modifikasi sistem peredaman dan audio.

“Nanti akan dibalut karpet, tapi untuk kebutuhan diperlihatkan di showcase, karpet belum diaplikasikan.” pungkas Lucky. Siapa bilang mobil drifting gak butuh kenyamanan dan hiburan? (Joule)