Bukan LCGC Lagi, Toyota All-New Agya GR Sport Naik Kelas. Harganya Masih Terjangkau?

  • Oleh : redaksi

Selasa, 14/Feb/2023 10:00 WIB
Toyota perkenalkan All-New Agya GR Sport yang dibuat sporti dari segi tampilan dan rasa berkendara. (sumber: Toyota) Toyota perkenalkan All-New Agya GR Sport yang dibuat sporti dari segi tampilan dan rasa berkendara. (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Toyota-Astra Motor (TAM) telah resmi memperkenalkan generasi terbaru untuk lini hatchback-nya, yaitu Toyota All-New Agya, pada tanggal 13 Februari 2023 di SCBD, Jakarta.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Hal paling menarik dari peluncuran tersebut adalah varian Toyota Gazoo Racing (GR) yaitu GR Sport, karena khusus varian tersebut Toyota menempatkannya di segmen berbeda dalam arti, sudah naik kelas.

Penempatan segmen seperti ini mirip Honda Brio, dimana varian base model yaitu ‘Satya’ masuk di segmen LCGC, tetapi tidak untuk varian sporti ‘Road Sailing’ atau ‘RS’.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

“Kami melihat minat masyarakat yang besar belakangan ini, terhadap tampilan mobil yang sporti. Hal ini tercermin dari penerimaan positif line-up Gazoo Racing kami yang rata-rata penjualannya mendominasi lebih dari 72%.” buka Henry Tanoto, Vice President Director PT. TAM kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (13/2/2023).

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Oleh karena itu, mulai dari generasi kedua, Toyota membuat All-New Agya varian GR Sport lebih sporti secara menyeluruh dalam arti, bukan lagi hanya tampilan eksterior dan interior semata untuk membedakan dengan varian LCGC-nya.

Garis bodi All-New Agya yang sudah sporti dibuat lebih agresif dengan aerokit yang memiliki elemen desain khas lini GR tersebut, tepatnya di sebelah kiri-kanan lubang air intake.

Toyota mengklaim bahwa aerokit tersebut memiliki efek performa tepatnya aerodinamika, yang membuat mobil lebih stabil sekaligus lebih napak.

Sebagai tanda bahwa sudah naik kelas, bumper depan All-New Agya disematkan logo Toyota, sementara varian bawahnya masih menggunakan logo burung.

Untuk interior, Toyota masih belum mengungkap lebih detail untuk varian GR Sport-nya, akan tetapi diperkirakan bahwa kesan sporti tersebut juga sampai pada kabin, seperti sejumlah logo GR di jok, tampilan head unit ketika baru menyala, dan sebagainya.

Mesin sama dengan varian bawahnya, yaitu tipe terbaru berkapasitas 1.200 cc berkode WA-VE seperti Toyota Raize yang lebih bertenaga sebesar 20%, dan transmisi CVT-nya mampu berakselerasi 40-60 km/jam 0,5 detik lebih cepat dari pendahulunya.

Akan tetapi All-New Agya GR Sport setirnya sudah di-tuning khusus, tepatnya electric power steering dan rasio gear steering lebih rapat untuk performa menikung lebih baik.

Selain itu, sokbreker dan per keong yang diracik khusus juga memberikan daya redam lebih maksimal ketimbang model standar.

Ban standar All-New Agya GR Sport yang sudah bertipe sport yaitu DUnlop SP Sport Maxx 050 membuatnya lebih stabil ketika di jalan lurus atau menikung, sehingga menciptakan rasa berkendara sporti.

Toyota masih belum mengungkap harga jual untuk All-New Agya GR Sport, akan tetapi berhubung memakai platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan mesin 1.200 cc WA-VE seperti saudaranya, diperkirakan akan berada di rentang Rp. 200 jutaan. Meskipun pada sesi peluncuran, pihak TAM belum merilis dan belum memberikan estimasi harga jualnya.

Dengan demikian, kehadiran All-New Agya GR Sport menunjukkan bahwa Toyota mulai berubah untuk lini produk GR Sport-nya, dalam arti untuk lini entry level-nya tidak lagi hanya tampilan eksterior dan interior sporti semata, sehingga pantas untuk naik kelas. 

Dengan segenap pembaruan dan keunggulannya, apakah harganya nanti masih terjangkau? (Redaksi)