LCGC Generasi Baru Berubah Total, Daihatsu Indonesia Resmi Ungkap Tampilan Hatchback All-New Ayla

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 15/Feb/2023 12:15 WIB
Daihatsu luncurkan generasi terbaru untuk segmen hatchback Low Cost Green Car (LCGC) All-New Ayla. Daihatsu luncurkan generasi terbaru untuk segmen hatchback Low Cost Green Car (LCGC) All-New Ayla.

SoundandMachine.com - (Jakarta) - PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) telah resmi memperkenalkan generasi terbaru untuk lini mobil kompaknya, yaitu Daihatsu All-New Ayla, pada tanggal 15 Februari 2023 di Pelataran, Senayan, Jakarta.

Baca Juga:
Layani Pelanggan Selama Libur Lebaran 2024, Daihatsu Buka 8 Posko Siaga dan 71 Bengkel Resmi

Dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), All-New Ayla kini sudah berada di generasi kedua, dari sejak pertama diluncurkan pada tahun 2013 dengan DNA kualitas dapat diandalkan, konsumsi BBM irit, dan harga terjangkau.

“Daihatsu selalu mendengarkan dan mengerti konsumen Indonesia, saat ini konsumen tidak hanya membutuhkan mobil yang terjangkau dan irit, tetapi juga mempertimbangkan desain, dimensi, performa, dan safety.” buka Toshihiro Nakaho, Executive Chief Engineer All-New Ayla kepada SoundandMachine.com di Pelataran, Senayan, Jakarta (15/2/2023).

Baca Juga:
Penjualan Terbanyak Ke-2, Daihatsu Gran Max Hadirkan Ragam Inspirasi Kendaraan Niaga

Dengan konsep “Exciting Entry Hatchback”, eksterior All-New Ayla kini lebih sporti dengan garis bodi lebih tegas dan kaku dibanding generasi sebelumnya, dan tentunya berbeda dengan kembarannya yaitu Toyota All-New Agya, tetapi lebih mendekati Perodua All-New Axia yang masih saudara satu platform-nya. 

Baca Juga:
Pelanggaran Uji Tabrak, Daihatsu Gran Max Pick-up Rakitan Indonesia Dilarang Beredar di Jepang

Seperti saudara-saudaranya, All-New Ayla juga memiliki dimensi lebih besar, dan panjangnya setara hatchback dengan kelas lebih atas, tepatnya B-Segment.

Interiornya juga sudah berbeda dibanding generasi sebelumnya, terlihat dari desain dasbor antara mirip Daihatsu Rocky dan Xenia. Kemudian kabin All-New Ayla juga lebih lapang dengan couple distance sekitar 910 mm dan bagasi bisa muat 4 koper kecil.

Mesin baru 1.200 cc WA-VE All-New Ayla membuatnya lebih bertenaga dan bertorsi sebesar 20% jika melihat power curve dari kembarannya All-New Agya, dan transmisi Dual-CVT (D-CVT)-nya mampu berakselerasi dari 40 hingga 60 km/jam-nya dalam 6,7 detik, 0,5 detik lebih cepat dari pendahulunya.

Selain itu, mesin All-New Ayla juga memiliki torsi besar di putaran rendah, membuatnya mampu 10% lebih hemat bahan bakar dari pendahulunya. Menurut klaim pabrikan, jika melihat All-New Agya, mampu mencetak konsumsi BBM 21 km/liter untuk transmisi D-CVT dan 21,7 km/liter untuk transmisi manual.

“Ayla dikembangkan berdasarkan kondisi di Indonesia, dan kami terus akan meningkatkan performa Ayla.” jelas Nakaho. 

All-New Ayla sudah dilengkapi Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, dan keyless entry serta push start/stop engine.

Menariknya, dengan kualitas buatan serta fitur seperti ini, All-New Ayla masih berstatus sebagai Low Cost Green Car (LCGC), sehingga menjadi perubahan yang revolusioner untuk mobil di segmen tersebut.

Seperti saudaranya, ADM juga baru mengungkap sosok All-New Ayla tepatnya eksterior, interior, fitur, dan engineering, sementara untuk harga masih belum. 

“Kami percaya, All-New Ayla dapat menjadi kendaraan yang paling cocok untuk pelanggan di Indonesia, dan kami berharap dapat berkontribusi lebih untuk industri otomotif Indonesia serta mendukugn aksi Sustainable Development Goals.” pungkas Yasushi Kyoda, Chairman PT. ADM. LCGC semakin canggih, nih. (Joule)