Tenant Aftermarket Akan Lebih Banyak, Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 Siap Goda Penggemar Modifikasi

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 03/Mar/2023 18:00 WIB
Tenant aftermarket di Gaikindo Jakarta Auto Week 2022. Tenant aftermarket di Gaikindo Jakarta Auto Week 2022.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Perhelatan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW), yang diadakan pada tanggal 10-19 Maret 2023 mendatang di Jakarta Convention Center, Jakarta, bukan hanya diramaikan oleh pabrikan otomotif tetapi juga industri pendukung atau aftermarket.

Menariknya, industri pendukung yang akan hadir di GJAW 2023 jumlahnya jauh lebih banyak dibanding tahun lalu. Terutama untuk tenant aftermarket untuk mobil, jika GJAW 2022 hanya satu yaitu Ayoto, sekarang sudah ada lebih dari 30 tenant, sehingga akan lebih menggoda para penggemar modifikasi mobil.

Baca Juga:
Animo Tinggi Industri Aftermarket Berpameran di GIIAS 2023, Slotnya Melebihi Kapasitas

“Kalau bicara tahun-tahun sebelumnya mereka hanya pilih satu, dan pilihannya adalah GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show). Berikutnya, karena kondisi sudah bagus sehingga mereka punya budget untuk pameran lain.” buka Romi, Chief Executive Officer Seven Event selaku event organizer GJAW kepada SoundandMachine.com dalam konferensi pers GJAW 2023 di Jakarta (2/3/2023).

Baca Juga:
Kuota Ekshibitor Sudah Penuh, Pameran Otomotif GIIAS 2023 Terpaksa Tolak Calon Partisipan

Selain kondisi pandemi yang sudah mereda hingga berdampak pada budgeting, menurut penyelenggara kesuksesan event tahun sebelumnya menjadi daya tarik bagi para industri pendukung.  

Pasalnya, penyelenggara mengklaim bahwa GJAW 2022 berkontribusi meningkatkan angka penjualan hingga mencapai angka 1.050.000 unit.

Baca Juga:
Tambah Satu Kota, Seri Pameran GIIAS 2023 Akan Berorientasi Masa Depan Industri Otomotif di Indonesia

“Ini sudah tahun kedua, mereka sudah mempelajari positioning-nya, lokasi, dan lain-lainnya membuat mereka jadi tertarik.” jelas Romi. 

Hanya saja, meski para pelaku industri pendukung atau aftermarket sudah melihat kesuksesan perhelatan di tahun lalu, begitu juga dari segi manisnya bisnis otomotif, slot untuk berpameran di GJAW 2023 relatif terbatas.

Wajar saja, mengingat lahan JCC yang relatif terbatas, serta konsep acara yang mempertemukan aspek lain seperti fashion dan konser musik, tidak hanya otomotif semata.

“Kondisi kuota yang tidak terlalu besar, kapasitas untuk industri pendukung juga tidak terlalu banyak, makanya kita gak bisa maksimal seperti di GIIAS.” kata Romi.

Menariknya, bukan hanya tenant aftermarket yang akan hadir di GJAW 2023, tetapi juga kontes modifikasinya yaitu Jakarta Auto Contest pada tanggal 11-12 Maret 2023 mendatang, sehingga bisa menjadi inspirasi bagi para pengunjung. (Joule)