Varian LCGC Mulai dari Rp. 160 Jutaan, Toyota Luncurkan All-New Agya di JAW 2023. Ini Penampakannya

  • Oleh : Julfikri

Senin, 13/Mar/2023 10:00 WIB
Toyota All-New Agya varian G CVT di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023. Toyota All-New Agya varian G CVT di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Toyota-Astra Motor (TAM) telah resmi memasarkan generasi terbaru untuk lini Low Cost Green Car (LCGC) yaitu Toyota All-New Agya, mulai 10 Maret 2023 di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023.

Sebelumnya, Toyota hanya memperkenalkan All-New Agya pada tanggal 13 Februari 2023 silam di SCBD, Jakarta, dimana publik pada waktu itu hanya bisa melihat tampak luar, sementara interior dan engineering serta fitur-fitur melalui penjelasan di slide presentasi.

Baca Juga:
Satu Lagi Merek Mobil Listrik Asal Tiongkok, Aion Y Plus Tawarkan Sejumlah Keunggulan yang Beda

“Mulai hari ini, Toyota telah resmi memasarkan All-New Agya di Indonesia, secara total tersedia dalam 5 varian.” buka Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. TAM kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (10/3/2023).

All-New Agya memiliki 3 dari 5 varian yang masuk dalam kategori LCGC, yaitu E manual, G manual, dan G CVT.

Baca Juga:
Tambah Lagi Merek Mobil Baru Asal Tiongkok, Zeekr Siap Bawa Mobil Listrik Premium di Indonesia

Dalam kesempatan ini, tim SoundandMachine berkesempatan untuk melihat lebih dekat sosok All-New Agya tipe G CVT atau tipe tertinggi untuk varian yang dikategorikan sebagai LCGC, di JAW 2023 yang diadakan di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Baca Juga:
Sukses Gelar Alpine Day, Ini Dia Produk Terbaru Alpine yang Jadi Favorit Pelanggan CAS Audio

Dengan eksterior yang kini terlihat lebih melar, membuat All-New Agya terasa naik kelas, meski statusnya masih LCGC, ditandai dari logo burung di fascia seperti generasi sebelumnya.

Garis bodi seperti ini juga mengingatkan pada Toyota Etios Valco, hatchback yang sempat dipasarkan oleh TAM pada tahun 2013 hingga tahun 2017.

Kemudian untuk interior, juga terasa naik kelasnya karena bentuk dasbornya lebih berorientasi pengemudi serta bentuk joknya lebih ergonomis.

Namun di sisi lain, juga berasa “low cost”-nya dari warna yang relatif monoton, material plastik, dan tampilan panel instrumen analog.

Kabinnya sendiri lebih lapang dari generasi sebelumnya, namun untuk bagian belakang, lantai yang menonjol membuat bangku penumpang belakang All-New Agya lebih pas untuk 2 orang. 

Belum diketahui apa yang ada di balik tonjolan pada lantai belakang, namun yang jelas bukan kopel gardan, karena All-New Agya berpenggerak depan.

Untuk varian LCGC, mesin All-New Agya berkapasitas 1.200 cc WA-VE, bertenaga 88 PS dan torsi maksimumnya 113 Nm, dan untuk unit di pameran JAW 2023 ini disalurkan oleh transmisi CVT dengan paddle-shift.

Mesin seperti ini harus diakui bisa memberikan nilai lebih, terutama karena performanya lebih baik dari generasi sebelumnya, dan juga dipakai di Raize varian 1.200 cc yang notabene paling murah saja sudah Rp. 233 juta.

Untuk tipe G CVT seperti di pameran JAW 2023, All-New Agya dibanderol dengan harga Rp. 191,4 juta. Namun Toyota juga menyediakan varian yang lebih terjangkau, yaitu G manual seharga Rp. 175,4 juta dan tipe E manual seharga Rp. 167,9 juta spot order.

Bagaimana menurut kawan SoundandMachine? (Joule)