Hadirkan Teknologi Mobil Listrik Tercanggih, Lexus RZ Resmi Diperkenalkan di JAW 2023

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 14/Mar/2023 16:00 WIB
Lexus RZ yang diperkenalkan di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023. Lexus RZ yang diperkenalkan di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Lexus Indonesia kembali mengusung tema 100% elektrifikasi, untuk berpameran di Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) yang diadakan pada tanggal 10-19 Maret 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Namun dari semua mobil elektrifikasi, salah satunya diperkenalkan pada hari pertama JAW 2023 yaitu Lexus RZ, sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) yang digerakkan oleh motor listrik baterai atau electric vehicle (EV).

Baca Juga:
Mobil Listrik Terbaru BYD Jenis MPV Tujuh Penumpang Siap Meluncur di GIIAS 2024

“Melalui pengembangan teknologi dan pengalaman sebagai pelopor di luxury electrified, The All-New RZ dihadirkan sebagai flagship mobil Lexus yang dilengkapi teknologi terbaru sebagai perwujudan dari ‘next generation BEV’” buka Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT. Toyota-Astra Motor selaku agen pemegang merek Lexus di Indonesia, kepada SoundandMachine.com di lokasi pameran (10/3/2023).

Baca Juga:
Spek Lebih Kompetitif, YouTuber Off-road Jejelogy Siap Tempur di Ajang Reli AXCR 2024

Eksterior RZ mengusung konsep Limitless Design yang dinamakan “Seamless E-Motion”, khusus untuk BEV model sehingga terlihat berbeda. 

Bahasa desain baru Lexus Spindle Body Concept yang diterapkan di RZ berfokus pada efisiensi aerodinamis sehingga membangkitkan pengalaman berkendara yang baru.

Baca Juga:
GIIAS 2024: Hadirkan DNA 4x4 yang Melegenda, Suzuki Akan Boyong Kendaraan Listrik Konsep eVX

Bagian belakang RZ mengusung L-Shaped Light Bar dan Unified Logo, sedangkan bagian velg menggunakan 20-inch Dark Premium Metallic Alloy Wheels.

Interior RZ mengusung konsep Omotenashi khas Lexus melalui fitur-fiturnya yang fokus pada kenyamanan pengemudi dan penumpang. Setir RZ misalnya, terdapat cockpit dengan konsep Tazuna yang mampu meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan. 

Selain itu, desain shifter baru berbentuk Dial-Type Shifter memudahkan pengemudi saat mengoperasikan beberapa fitur kendaraan dengan voice command control, termasuk on board assistant “Hi Lexus” sehingga pengaturan kendaraan menjadi lebih cepat dan intuitif.

Menariknya, RZ sudah dilengkapi Radiant Heater di bagian depan ruang kaki agar kabin lebih hangat ketika berkendara di malam hari yang dingin, seperti di area jalan tol antar kota.

Salah satu kekuatan utama RZ ada pada sistem Direct4 yang bukan sekedar menawarkan performa saat menikung sebagaimana layaknya all-wheel drive, tetapi juga memberikan kenyamanan ketika mobil berakselerasi atau deselerasi.

“Dengan adanya Direct4 yang memiliki vehicle posture control, secara otomatis akan diatur dan pergerakan roda depan dan belakang didistribusikan dengan tepat, sehingga menghasilkan postur kendaraan yang stabil dan tegak, jadi tidak ada efek kurang nyaman.” jelas Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia.

Baterai RZ memiliki kapasitas sebesar 71,4kWh dengan jenis lithium-ion, yang mampu memberikan driving dynamics dengan jarak tempuh hingga 400 km, dan dilengkapi thermal management system sebagai pendingin baterai agar lebih efisien dan tahan lama. 

Setelah 10 tahun pemakaian pun, Lexus mengklaim bahwa baterainya tetap dapat menampung daya sebesar 90% dari kondisi awal atau lebih.

Sementara untuk pengisian ulang batera, RZ memerlukan waktu sekitar 90 menit jika menggunakan DC Fast Charger dengan daya 50 kWh dari kondisi low-battery hingga baterai penuh 100%, atau 10 jam jika menggunakan AC Wall Charger dengan daya 7,4 kWh.

RZ sudah dilengkapi fitur Lexus Safety System + generasi ketiga (LSS+ 3.0), dengan tambahan Advance Park atau fitur parkir otomatis yang memudahkan pengemudi dengan hanya menekan tombol Start pada multimedia display.

Berhubung masih perkenalan, Lexus Indonesia masih belum bisa mengumumkan harga jual RZ. (Joule)