Paket Komplit untuk Mobilitas Ramah Lingkungan, Toyota Perkenalkan RAV4 GR Sport di JAW 2023

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 16/Mar/2023 10:00 WIB
Toyota RAV4 Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang diperkenalkan di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023. Toyota RAV4 Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang diperkenalkan di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Toyota-Astra Motor (TAM) hadir di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW), yang diadakan pada tanggal 10-19 Maret 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Toyota menghadirkan mobil yang ramah lingkungan, tetapi menawarkan rasa berkendara sporti melalui lini Toyota Gazoo Racing (GR), yaitu Toyota RAV4 PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) GR Sport yang diperkenalkan di JAW pada tanggal 10 Maret 2023.

Baca Juga:
Penuhi Kebutuhan Mobil Kecil, HSR Speedster Tawarkan Velg Model Palang Lima Aneka Warna

“Bicara mengenai GR dan elektrifikasi, menawarkan kombinasi sempurna dari kesenangan berkendara dan bertanggungjawab terhadap lingkungan melalui teknologi netral karbon dalam waktu bersamaan.” buka Fumitaka Kawashima, Marketing Director PT. TAM kepada SoundandMachine.com di lokasi pameran (10/3/2023).

Baca Juga:
Resmi Meluncur di Indonesia, Generasi Baru BMW Seri 5 Kini Bertenaga Listrik Penuh

Dalam momen ini SoundandMachine berkesempatan untuk melihat lebih dekat sosok RAV4, yang secara segmen SUV sasis monokoknya setara Honda CR-V, Mazda CX-5, Subaru Forester, dan Mitsubishi Outlander PHEV.

Selain itu, RAV4 sendiri sebetulnya pemain lama di segmen tersebut, karena sempat masuk Indonesia pada tahun 2000-an awal. Namun waktu itu Toyota tidak meneruskannya dan lebih memilih menjagokan SUV sasis ladder-frame Fortuner, mulai tahun 2007 silam.

Baca Juga:
Fiturnya Inovatif, Trapo Wiper Permanent Waterproof Coating Jadi Wiper Hybrid Nomor 1 di Indonesia

RAV4 sendiri mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-K yang juga diterapkan di sedan Toyota Camry, jadi secara teknis RAV4 adalah versi SUV dari Camry.

Eksterior RAV4 mengusung konsep Adventure and Refined, yang memadukan antara jiwa petualang, tampil elegan ketika dipakai di perkotaan, dan kesan canggih, ditambah aksen warna hitam di bagian bodi atas, cladding, batok spion, dan pelek. 

Kemudian untuk interior, terlihat kalem dengan bentuk dasbor yang mirip Corolla Cross, dengan sentuhan sporti khas GR di jok dan setir dari jahitan benang merah serta material kombinasi pada jok.

RAV4 GR Sport PHEV mengadopsi mesin Hybrid Dynamic Force berkode A25A-FXS 2.500 cc 4-silinder dengan intake valve berteknologi VVT-ie dan exhaust valve berteknologi VVT-i, bertenaga 186 PS di 6.000 rpm dan torsi sebesar 227 Nm di 3.200 – 3.700 rpm. 

Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi CVT yang diklaim halus, efisien bahan bakar, dan responsif, tetapi itu baru mesin konvensionalnya.

Pasalnya, RAV4 GR Sport PHEV mengusung sistem hybrid E-Four, dimana motor listriknya membantu menekan konsumsi bensin di jalan perkotaan, performa lebih senyap pada kecepatan tinggi, dan traksi yang lebih membantu di jalan licin.

Sistem pada E-Four bekerja menyalurkan tenaga dari mesin konvensional bersama motor listrik ke roda depan, dan memberikan tenaga ke as roda belakang dengan menggunakan motor listrik tambahan.

Sebagaimana layaknya varian GR Sport yang proper, suspensi juga turut di-tuning oleh GR sehingga menambah performa menikung.

Berhubung plug-in hybrid, baterai RAV4 PHEV GR Sport bisa diisi dengan mencolokkan steker ke stopkontak, dan motor listriknya memiliki daya jelajah lebih dari 65 km dalam sekali pengisian.

Tak ketinggalan, RAV4 PHEV juga sudah dilengkapi sistem keselamatan aktif Toyota Safety Sense 2.0.

RAV4 PHEV GR Sport akan menjadi paket komplit untuk masyarakat yang menginginkan sebuah mobil dengan kepraktisan tinggi, begitu juga performanya berkat sistem E-Four, dan tentunya rasa berkendara lebih sporti dengan tuning yang dilakukan oleh GR. (Joule)