Baru Meluncur di Pameran JAW 2023, Penjualan Toyota All-New Agya Langsung Jadi Top Kontributor

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 30/Mar/2023 10:00 WIB
Toyota All-New Agya yang diluncurkan di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2023. Toyota All-New Agya yang diluncurkan di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2023.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan generasi terbaru untuk mobil kompaknya, pada tanggal 10 Maret 2023 silam yaitu All-New Agya, di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2023.

Setelah diluncurkan, penjualan All-New Agya langsung melejit hingga langsung menjadi salah satu kontributor terbesar dalam penjualan TAM, setelah dikonfirmasi melalui konferensi pers yang diadakan pada tanggal 29 Maret 2023 di restoran Habitate, Jakarta.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

“Di JAW walau waktunya berdekatan (dengan pameran sebelumnya), tapi cukup baik, kita dapat sekitar 1.000 unit. Penyumbangnya yang cukup signifikan itu di All-New Agya sekitar 100-an unit, dan itu pertama kali masuk top 5 contributor kita pameran.” buka Henry Tanoto, Vice President PT. TAM kepada SoundandMachine.com di lokasi konferensi pers (29/3/2023).

Sekedar informasi tambahan, kontributor tertinggi dalam penjualan PT. TAM masih dipegang oleh segmen MPV dengan persentase sekitar 60 persen, antara Kijang Innova Zenix, Calya, Avanza, dan Veloz.

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

All-New Agya sudah mengusung platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) seperti Toyota Raize, namun masih mengusung DNA yang sama, yaitu kualitas dapat diandalkan, konsumsi BBM irit, dan harga terjangkau.

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Dengan konsep powerful and aggressive, eksterior All-New Agya kini lebih sporti dengan garis bodi lebih tegas dan kaku, dibanding generasi sebelumnya, dan memiliki panjang setara hatchback dengan kelas lebih atas, yaitu B-Segment. 

Interiornya juga sudah berbeda dibanding generasi sebelumnya, terlihat dari desain dasbor antara mirip Toyota Raize dan Avanza. Kemudian kabin All-New Agya juga lebih lapang dengan couple distance sebesar 910 mm dan bagasi bisa muat 4 koper kecil.

Mesin baru All-New Agya berkapasitas 1.200 cc WA-VE memiliki tenaga 88 PS dan torsi 113 Nm, dan transmisi CVT-nya mampu berakselerasi dari 40 hingga 60 km/jam-nya dalam 6,7 detik, 0,5 detik lebih cepat dari pendahulunya.

Selain itu, mesin All-New Agya juga lebih hemat bahan bakar, dan menurut klaim pabrikan mampu mencetak konsumsi BBM hingga 21 km/liter untuk transmisi CVT, dan 21,7 km/liter untuk transmisi manual. 

Khusus varian GR Sport, All-New Agya dilengkapi ban serta tuning khusus pada setir dan suspensi untuk rasa berkendara lebih sporti dibanding generasi sebelumnya.

All-New Agya dibanderol dengan rentang harga antara Rp. 167,9 juta hingga Rp. 191,4 juta untuk kategori Low Cost Green Car (LCGC), dan Rp. 237,5 juta hingga Rp. 256 juta untuk GR Sport atau non-LCGC..

“Menunjukkan All-New Agya, baik LCGC maupun GR-S, diterima oleh masyarakat.” pungkas Henry. (Joule)