Lanjutkan Bisnisnya di Indonesia, Mercedes-Benz Resmi Diakuisi Inchape dan Indomobil

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 04/Apr/2023 10:00 WIB
Operasional bisnis Mercedes-Benz yang resmi dipegang oleh Inchape dan Indomobil. Operasional bisnis Mercedes-Benz yang resmi dipegang oleh Inchape dan Indomobil.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Mercedes-Benz telah resmi menunjuk perusahaan joint-venture Inchcape Motors Private Limited (Inchape) dan PT. PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil) sebagai pemilik baru untuk bisnisnya di Indonesia.

Sebelumnya bisnis Mercedes-Benz di Indonesia dipegang oleh Mercedes-Benz AG atau induk perusahaannya langsung dari Jerman. Namun terhitung 31 Maret 2023, dialihkan ke Inchape dengan kepemilikan sebesar 70% dan Indomobil dengan kepemilikan sebesar 30%.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

“Kami melakukan restrukturasi pada bisnis kami, dengan tujuan menguatkan posisi kami di pasar Indonesia, serta untuk senantiasa berkembang dengan menggandeng rekanan berskala internasional yang kuat serta rekanan lokal berpengalaman bersama Inchcape dan Indomobil.” buka Matthias Lührs, Head of Region Overseas Mercedes-Benz Cars, dalam keterangan resminya (31/3/2023).

Mercedes-Benz AG, Inchcape dan Indomobil telah menandatangani perjanjian terkait jual-beli pabrik dan distributor Mercedes-Benz Indonesia.

Baca Juga:
Ada Masalah di Fuel Pump, Pemilik Suzuki Jimny 3 Pintu Dihimbau Segera Servis di Bengkel Resmi

Inchcape dan Indomobil akan memastikan keberlanjutan bisnis Mercedes-Benz di Indonesia dalam segala aspek, untuk memberikan keamanan jangka panjang dan transparansi tingkat tinggi bagi seluruh pemangku kepentingannya.

Sekedar informasi tambahan, bisnis Mercedes-Benz Indonesia terdiri dari PT. Mercedes-Benz Indonesia sebagai produsen kendaraan Completely Knock Down (CKD), dan PT. Mercedes-Benz Distributor Indonesia sebagai importir kendaraan completely built-up (CBU).

Baca Juga:
Khusus Libur Lebaran 2024, Suzuki Adakan Posko Perbaikan dan Layanan Bengkel Resmi 24 Jam

Proses produksi pada pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat akan terus berjalan tanpa gangguan; seluruh karyawan akan tetap bekerja dan diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaannya saat ini di bawah kepemilikan baru.

Selain itu, seluruh kebijakan terkait kepegawaian akan tetap sama dan patuh pada peraturan yang berlaku. 

Tentunya seluruh pelanggan Mercedes-Benz di Indonesia akan terus mendapatkan produk dan layanan dengan kualitas terbaik sebagaimana telah diberikan selama bertahun-tahun.

“Seluruh kepegawaian akan tetap berjalan sebagaimana adanya saat ini, dan pelanggan kami akan terus dilayani.” tambah Lührs.

Mercedes-Benz juga akan mendirikan sebuah perusahaan baru yang 100% dimiliki oleh Mercedes-Benz, untuk mendukung dan mengarahkan pemilik baru.

“Kami percaya dengan potensi yang sangat besar di pasar Indonesia, dan maka dari itu kami senang dapat bekerja sama dengan rekanan yang dapat diandalkan untuk kelanjutan bisnis kami.” pungkas Lührs. Selamat berbisnis, semoga makin laris. (Joule)