Baru Diluncurkan di Indonesia, Honda Civic Type R Sabet Penghargaan Desain Paling Bergengsi di Dunia

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 05/Apr/2023 12:00 WIB
Honda Ciivc Type R sabet penghargaan desain paling bergengsi Red Dot Award 2023. (sumber: Honda) Honda Ciivc Type R sabet penghargaan desain paling bergengsi Red Dot Award 2023. (sumber: Honda)

SoundandMachine.com (Jerman) - PT. Honda Prospect Motor (HPM) baru-baru ini merilis hatchback performa tingginya yaitu Honda Civic Type R, tepatnya pada tanggal 30 Maret 2023 di Raffles Hotel, Jakarta.

4 hari setelah peluncuran di Indonesia, Civic Type R mendapat salah satu penghargaan desain paling bergengsi di dunia yang berbasis di Jerman, yaitu Red Dot Award 2023.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

“Kami sangat bangga memenangkan Red Dot Design Award 2023 untuk desain produk mobil.” buka Toshinobu Minami, Managing Director, Chief Design Officer, Design Center, Honda R&D Co., Ltd. dalam keterangan resminya (3/4/2023).

Civic Type R mengusung konsep pengembangan Ultimate Sport 2.0 yang mengejar performa dari mobil balap dan pengalaman berkendara fun to drive.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Salah satu kunci desain Civic Type R adalah eksterior yang dirancang memiliki efek peningkatan performa mobil, berbasis Civic hatchback generasi kesebelas. 

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

(sumber: Honda)

Sekedar informasi, Civic Hatchback generasi kesebelas juga mendapat penghargaan Red Dot Award 2023.

Salah satu kunci desain Civic Hatchback generasi kesebelas adalah membuat proporsi yang ramping dan indah namun kabin tetap luas agar berkendara menjadi lebih mudah.

Guratan bodi yang terlihat mulus dan terhubung dari kap depan ke ujung belakang, menciptakan kesan mengkomunikasikan pengalaman berkendara dinamis dan sporty.

Dari hatchback yang menjadi basisnya, Honda meningkatkan performa Civic dari perubahan eksterior untuk menjadi sebuah Type R.

Seperti meningkatkan area bukaan gril yang berefek pada performa pendinginan, dan rear wing dengan side sill garnish dan stand berbahan die-cast aluminium untuk aerodinamika lebih baik.

Hasilnya, eksterior Civic Type R benar-benar dibuat dengan prinsip ‘bentuk mengikuti fungsi’ dalam arti dengan rancangan seperti ini bukan hanya memiliki performa lebih baik, tetapi juga terlihat lebih indah karena serasi dengan bentuk dasar Civic hatchback, hingga menyabet penghargaan desain paling bergengsi.

“Honda telah memenangkan penghargaan kelas dunia ini karena Honda selalu mendasarkan desain dengan pendekatan kepada konsumen. Semoga dengan prestasi yang diraih ini membuat kami terus mendesain produk-produk yang sesuai dengan keinginan masyarakat.” pungkas Minami. Selamat! (Joule)