Punya Uang Belum Tentu Bisa Beli, Importir TDA Luxury Toys Hadirkan Generasi Baru Toyota Century

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 06/Apr/2023 10:00 WIB
Toyota Century di showroom The Djakarta Auto (TDA) Luxury Toys Plaza Indonesia. Toyota Century di showroom The Djakarta Auto (TDA) Luxury Toys Plaza Indonesia.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Ketika sudah bicara mobil mewah, setidaknya ada beberapa hal yang menjadi perhatian para pelanggannya, mulai dari jenis mobil, produk secara keseluruhan termasuk fitur atau teknologi di dalamnya, hingga merek.

Wajar saja, namanya mobil mewah tentu dibanderol dengan harga sangat tinggi, sehingga para pembelinya berekspektasi mobil tersebut menguntungkan untuk dibeli, termasuk dari segi gengsi kalau sudah bicara merek.

Baca Juga:
Sambut Libur Lebaran, Toyota Siapkan 310 Titik Layanan Siaga Selama Momen Idul Fitri 2024

Namun baru-baru ini importir The Djakarta Auto (TDA) Luxury Toys memasukkan 2 unit mobil mewah yang sangat unik dan mungkin diluar nalar, yaitu Toyota Century.

“Dia itu punya speciality sendiri. Kalau di-compare sama Mercedes jauh lebih mahal, tapi orang mau beli ini. Dari bentuknya dia gak flashy kayak Rolls-Royce, lebih klasik.” buka Marlon Wuisan, Director Sales TDA Luxury Toys kepada SoundandMachine.com di Plaza Indonesia (4/4/2023).

Baca Juga:
Ramaikan Segmen Small SUV, Chery Tiggo 5X Sodorkan Fitur Melimpah Tampilan Wah

Century merupakan mobil termewah dari semua lini Toyota Motor Corporation, dan juga termahal pasca supercar Lexus LFA berhenti diproduksi pada tahun 2012 silam. 

Baca Juga:
Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

Diproduksi khusus pasar Jepang, Century dibanderol seharga 20,8 juta Yen atau sekitar Rp. 2,3 Miliar, lebih tinggi dari Lexus termahal sekalipun yang notabene luxury brand-nya Toyota, yaitu LS 500h Executive, di kisaran 18,6 juta Yen atau sekitar Rp. 2,1 Miliar.

Meski demikian, Century masih jauh lebih terjangkau dari sedan mewah sekelas Rolls-Royce,. akan tetapi memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki brand asal Inggris tersebut, yaitu ada uang pun belum tentu bisa beli.

“Di Jepang-nya gak bisa sembarang orang beli. Butuh klasifikasi tertentu untuk bisa beli Century, ‘siapa sih orang ini’, kurang lebih begitu. Kalau Rolls-Royce, siapapun yang punya uang bisa beli.” jelas Marlon.

Salah satu poin paling menarik dari Century adalah bagaimana Toyota mengerahkan craftsmanship tradisional Jepang dalam pembuatan mobil mewah.

Eksterior Century dibentuk dengan tangan-tangan ahli berdasarkan metode tradisional Jepang yaitu Kichomen, dan dicat dengan teknik wet sanding dan polishing hingga 7 lapis, sehingga warnanya menjadi sangat mengkilap dan bisa bercermin di bodi mobil.

Emblem phoenix-nya juga buatan tangan-tangan ahli, karena untuk bisa sedetail itu membutuhkan waktu sekitar 6 minggu, dan gril-nya juga terlihat sentuhan seni tradisionalnya.

Interior terlihat mewah dengan karakter yang sangat tradisional Jepang, namun pembuatannya juga melibatkan tangan-tangan ahli. 

Sebut saja penempatan tower console yang berada di antara jok depan, bisa terpasang dengan presisi dari intuisi dan keterampilan tim.

Dapur pacu Century mengusung sistem hybrid, dengan mesin 4.968 cc V8 berkode 2UR-FSE bertenaga 381 PS dan motor listrik bertenaga 224 PS dengan baterai Nickel-metal.

Mobil seperti ini mungkin terdengar kurang masuk akal jika memakai brand Toyota, akan tetapi di Indonesia ada peminatnya. Pasalnya, sebelum TDA Luxury Toys, sudah ada 2 showroom importir umum lain yang memasukkan Century dan sudah laku.

TDA Luxury Toys sendiri memasukkan 2 unit Century dan semuanya sudah laku, termasuk unit yang diliput oleh tim soundandmachine secara langsung di showroom TDA Luxury Toys Plaza Indonesia.

“Kita pajang ini di Plaza Indonesia, rata-rata orang yang masuk ke sini (showroom), itu nanyanya Century. Daya tariknya luar biasa. Udah ada beberapa (antrian order). Masuknya 2, rebutan jadinya.” pungkas Marlon. Bukan main Toyota yang satu ini. (Joule)