Juara di Ajang Bergengsi, Peredam Z3RO Maksimalkan Sistem Car Audio dengan Resolusi Tertinggi di Dunia

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 05/Apr/2023 18:00 WIB
Pemasangan peredam di Lexus RX untuk proyek modifikasi car audio dengan resolusi tertinggi di dunia. Pemasangan peredam di Lexus RX untuk proyek modifikasi car audio dengan resolusi tertinggi di dunia.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Saat ini, resolusi tertinggi sistem car audio di dunia mencapai 384 kHz / 32 bit. Di Indonesia, sudah ada instalatur yang modifikasi car audio dengan resolusi setinggi itu, yaitu BestBuddyShop (BBS) Sunter di mobil Lexus RX.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Sistem audio dengan resolusi setinggi itu, tentunya membutuhkan sistem peredaman yang memadai agar bisa bekerja secara maksimal, dan itu merupakan langkah paling awal sebelum pemasangan komponen.

Lantas apa sistem peredam yang dipakai oleh BBS Sunter sebelum mulai memasang komponen? “Peredamnya Z3RO.” buka Susanto Cong, Instalatur BBS Sunter kepada SoundandMachine.com di JIExpo Kemayoran, Jakarta (26/2/2023).

Baca Juga:
Punya Daya Tahan Lebih, Power Amplifier Hertz HMP 4D Jadi Andalan Upgrade Audio High End

Sebelum memasang komponen car audio dengan resolusi tertinggi, RX tersebut dipasang peredam Z3RO di sejumlah bagian bodinya.

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

Pertama, bodi RX ditempelkan butyl rubber berlapis aluminium sebesar 2 mm untuk mengurangi getaran pada mobil sebagai dasar peredaman. 

Butyl rubber tersebut ditempel di sekujur bodi, termasuk di fender agar modifikasi sistem car audionya bisa bekerja secara maksimal.

“Dari lantai, fender, pintu sampai plafonnya sudah dipasang. Pintu satu lapis di bagian dalam. Gak pasang di area dasbor, karena suara mesinnya sudah senyap banget, dasbornya sudah cukup rigid, jadi tidak melakukan pemasangan di area platon” jelas Afung, sapaan akrab Susanto Cong.

Inner fender RX tersebut turut ditambahkan busa fiber Z3RO yang berfungsi untuk mengurangi suara bising seperti road noise.

Hasilnya, dengan peredam Z3RO untuk RX yang disematkan sistem audio resolusi tertinggi di dunia, mampu menyabet sejumlah piala di berbagai kontes modifikasi, bahkan tertinggi kedua dalam ajang PAHAMI Champions of Champion 2023.

“Z3RO tidak pernah mengecewakan.” pungkas Afung. Pasang peredam Z3RO di mobil dengan resolusi audio tertinggi di dunia aja bisa sabet juara, apalagi yang biasa-biasa aja. (Joule)