Cocok Jadi Referensi OEM look, Cartens Autosound Garap Car Audio Toyota Innova Zenix Hybrid

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 07/Apr/2023 16:00 WIB
Upgrade audio OEM look Toyota Kijang Innova Zenix hybrid garapan Cartens Autosound. Upgrade audio OEM look Toyota Kijang Innova Zenix hybrid garapan Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Gerai Cartens Autosound baru-baru ini menggarap salah satu modifikasi car audio Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, yang kali ini sangat menjaga OEM baik dari segi tampilan maupun instalasinya.

Baca Juga:
Andalkan Dominations, Gerai Roda Mas Audio Raih Juara Ganda di Final Kompetisi I-CAN 2023-2024

Sekedar informasi, Cartens Audio sudah menggarap modifikasi car audio Kijang Innova Zenix Hybrid yang lebih intensif, tepatnya 3-way sampai custom pilar dan juga custom boks untuk surround.

“Customer maunya OEM look, speaker depan, speaker belakang, subwoofer, semuanya looks original.” buka Luciana Cahyadi, mewakili instalatur Cartens Audio kepada SoundandMachine.com di gerainya (6/4/2023).

Baca Juga:
Alpine Rilis DSP-Amp 8-Channel dan 10-Channel Baru, Desain Lebih Mewah Fitur Tambah Melimpah

(sumber: Focal)

Baca Juga:
Andalkan Alpine Status, BestBuddyShop Sunter Juara Seri Kompetisi Car Audio Black Out Loud 2024

Meski modifikasinya sangat OEM look, kualitas suaranya tetap jauh lebih baik dari standar, dan itu semua berawal dari speaker pilihannya, yaitu Focal Slatefiber.

Slatefiber merupakan pilihan speaker entry level Focal yang dibuat di Perancis. Material serat karbon yang didaur ulang membuat konus Slatefiber menjadi rigid, dan suaranya menjadi lebih jelas, mulai dari nada rendah, treble, hingga bas.

Speaker tersebut dipasang mengikuti OEM Kijang Innova Zenix Hybrid, seperti woofer ditempatkan di balik doortrim dan tweeter dipasang di rumah tweeter yang sudah ada di OEM-nya, sehingga tidak melakukan custom pilar.

Hanya saja untuk pemasangan tweeter Slatefiber memakai custom bracket yang didesain seperti bawaannya agar lebih rapi, karena berbeda dengan standarnya.

“Penempatan Zenix pun sudah oke, kualitas dasbornya bagus, penempatan tweeter-nya oke, suaranya juga oke. Focal yang ini masih made in France, tweeter-nya bagus, midbass-nya jadi galak, customer cukup happy dengan sistem seperti ini.” jelas Luci, sapaan akrab Luciana.

Speaker tersebut bukan hanya dipasang di kabin bagian depan saja, tetapi juga bagian belakang. Agar suara yang dihasilkan dari sistem 2-way lebih proper, dilakukan custom door trim pintu belakang untuk penempatan tweeter-nya.

Untuk kualitas audio yang lebih baik, tentu tidak mengandalkan speakernya semata, karena masih ada subwoofer, Digital Sound Processor (DSP), dan monoblock.

Berhubung Kijang Innova Zenix hybrid, seperti garapan Cartens Autosound sebelumnya, perangkat pendukung tersebut ditempatkan di bagasi karena di bawah jok ada baterai.

Lantas dibuatlah custom box yang se-OEM mungkin, baik dari segi tampilan maupun fungsi bagasi ketika jok baris ketiga ditegakkan.

Komponen yang paling terlihat di custom box tersebut adalah subwoofer pasif Hertz MPS 250 S4 untuk suara bas lebih nendang, dan di-drive oleh monoblock Crescendo yang berada di balik boksnya.

Dibalik custom box tersebut juga ada DSP Alpine PXE-R500 untuk optimalisasi sistem car audio garapannya, dengan controller yang ditempatkan di dekat setir.

Sistem car audio tersebut terhubung dengan kabel Pitch and Timbre dan peredam Ground Zero Gold tetapi di bagian pintu dan door trim plastiknya saja. 

“Lantai ngga, biasanya customer mempertimbangkan dari segi harga. Kebetulan customernya lebih fokus ke sound. Mungkin mau pasang bertahap.” kata Luci.

Modifikasi seperti ini cocok untuk jadi referensi OEM, dengan kualitas suara lebih nendang meskipun speakernya masih entry level. (Joule)